Kompas.com - 17/05/2022, 14:02 WIB

KOMPAS.com - Perang antara Rusia dan Ukraina belum berakhir. Sejak awal invansi ke Ukraina, Rusia telah mengincar Pulau Ular yang berada di Laut Hitam. 

Akhir-akhir ini, kedua belah pihak saling mengklaim atas serangan yang terjadi di Pulau Ular. Rusia bersikeras merebut Pulau Ular, sementara pihak Ukraina gigih mempertahankan pulau tersebut. 

Mengutip BBC Indonesia dalam Kompas.com (14/5/2022), Pulau Ular memiliki status vital dalam perang antara dua negara tersebut.

Baca juga: Perang Ukraina: Mengapa Rusia Ngotot Merebut Pulau Ular dan Ukraina Gigih Mempertahankannya?

Baca juga: Ukraina Klaim Rusak Kapal Angkatan Laut Rusia di Dekat Pulau Ular

Pulau tersebut merupakan medan pertempuran yang strategis untuk mengendalikan Laut Hitam bagian barat.

"Jika pasukan Rusia berhasil menduduki Pulau Ular dan mengatur sistem pertahanan udara jarak jauh mereka, mereka akan mengendalikan laut, darat, dan udara di bagian barat laut Laut Hitam dan di selatan Ukraina," kata pakar militer Ukraina Oleh Zhdanov kepada BBC.

5 Fakta Pulau Ular Ukraina 

Lantas, apa itu Pulau Ular? Berikut fakta-fakta tentang Pulau Ular yang Kompas.com himpun:

1. Pulau Ular berisi batuan 

Pulau Ular juga dikenal sebagai Pulau Zmiiniy, yang masuk dalam wilayah Ukraina, berdasarkan informasi dari laman Ukraine.com. Lokasinya berada di dekat  Delta Danube di Laut Hitam, sekitar 35 kilometer di lepas pantai Ukraina. 

Semua penjaga perbatasan Ukraina yang menjaga Pulau Zmiinyi atau Pulau Ular dilaporkan tewas. Google Earth via News.com Semua penjaga perbatasan Ukraina yang menjaga Pulau Zmiinyi atau Pulau Ular dilaporkan tewas.

Secara geografis, Pulau Ular hanya terdiri dari batuan beku yang terbentuk dari pendinginan dan pemadatan lava. Titik tertinggi pulau ini 41 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

Perairan di sekitar pulau, merupakan kawasan lindung Ukraina. Sebanyak lima puluh spesies ikan dan enam spesies kepiting telah diidentifikasi. Beberapa di antaranya dikategorikan terancam punah dalam Buku Merah Ukraina.

Mengutip CNN, Pulau Ular merupakan pulau kecil dengan luas hanya 46 hektar. Pulau Ular hanya berisi batu dan rumput, bahkan tidak ditemukan sumber air tawar di dalamnya. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.