Kompas.com - 17/05/2022, 08:03 WIB

KOMPAS.com - Dieng merupakan obyek wisata yang berada di dataran tinggi. Secara administratif, dataran tinggi Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. 

Dieng kerap dijuluki negeri di atas awan. Lokasinya berada di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), sehingga sering diselimuti awan utamanya pada pagi dan malam hari. 

Baca juga: Itinerary Wisata Sehari di Dieng, Golden Sunrise sampai Mi Ongklok

Terdapat banyak obyek wisata di dataran tinggi Dieng, seperti gunung, bukit, kawah, candi, telaga, aneka kuliner, kolam pemandian air hangat, dan lainnya

Jadi, Dieng merupakan obyek wisata yang cocok untuk dikunjungi saat libur panjang. Utamanya, saat cuaca tengah terik dan panas seperti sekarang ini. 

Berikut 15 rekomendasi wisata di Dieng yang wajib dikunjungi saat libur panjang di musim panas. 

Baca juga: Embun Upas, Sensasi Menikmati Winter di Dieng

1. Bukit Sikunir 

Bukit Sikunir, di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah menjadi destinasi favorit wisatawan, Selasa (20/3/2018).KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Bukit Sikunir, di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah menjadi destinasi favorit wisatawan, Selasa (20/3/2018).

Bukit Sikunir merupakan destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Dieng, karena dapat menikmati panorama matahari terbit (sunrise) dari atas bukit. 

Mengutip Kompas.com (17/07/2020), Bukit Sikunir terkenal dengan sebutan golden sunrise karena keindahan cahaya matahari terbit yang berwarna kuning keemasan.

Untuk bisa melihat panorama golden sunrise itu, wisatawan harus mendaki bukit setinggi 2.300 mdpl. 

Baca juga: Bukit Sikunir, Destinasi Favorit Berburu Sunrise di Negeri Atas Awan

Tak hanya golden sunrise, pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan delapan gunung dari puncak Bukit Sikunir. Meliputi, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi. 

Bagi pendaki pemula, atau wisatawan yang tidak terbiasa mendaki gunung tak perlu khawatir. Sebab, pendakian Bukit Sikunir sangat ramah bagi pemula, hanya membutuhkan waktu 30-45 menit untuk sampai ke puncak bukit.

2. Gunung Prau

Pemandangan yang indah di Gunung Prau.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pemandangan yang indah di Gunung Prau.

Dieng juga menyediakan destinasi bagi pendaki yakni Gunung Prau. Mengutip Kompas.com (06/09/2021), Gunung Prau mempunyai ketinggian sekitar 2.590 mdpl. 

Estimasi waktu pendakian Gunung Prau adalah sekitar 3-4 jam, sehingga gunung ini cocok bagi pendaki pemula. Ketika sampai di puncak, pendaki akan disuguhi pemandangan lima gunung sekaligus. 

Baca juga: 5 Alasan Gunung Prau Cocok untuk Pendaki Pemula

Pada sisi timur Gunung Prau, pendaki bisa melihat gagahnya Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu.

3. Telaga Warna 

Telaga Pengilon dan Telaga Warna di Dieng, Jawa Tengah.shutterstock/Luvina Picture Telaga Pengilon dan Telaga Warna di Dieng, Jawa Tengah.

Telaga Warna yang merupakan salah satu ikon wisata Dieng. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (31/08/2021), disebut Telaga Warna karena warna air danau berubah-ubah saat terkena pantulan sinar matahari. 

Fenomena ini disebabkan oleh tingginya kandungan belerang pada air danau. Tempat wisata ini berada di ketinggian 2.000 mdpl dengan bentang alam yang indah, serta dikelilingi panorama Gunung Prau.

Baca juga: Mengintip Telaga Warna Dieng yang Airnya Kerap Berubah Warna

Waktu yang paling ideal untuk mengunjungi Telaga Warna adalah saat pagi atau siang hari. Karena pada saat sore hari, kawasan sekitar telaga tersebut akan ditutupi kabut tebal.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.