Kompas.com - 19/05/2022, 20:22 WIB

KOMPAS.com - Kebun Raya Bogor di Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, memperingati ulang tahun ke-205 dengan meresmikan wahana baru Griya Anggrek pada Kamis (19/5/2022).

Sesuai namanya, wahana tersebut menjadi tempat mengoleksi berbagai jenis anggrek, sekaligus tempat riset, konservasi, dan wisata. 

Adapun anggrek yang disimpan terutama spesies asli, serta hasil silang dan hibrida. 

Baca juga:

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengatakan, Griya Anggrek dapat menampung kira-kira 800 suku dan 4.000 marga, dengan sebanyak lebih dari 10.000 tanaman.

"Keberadaannya diharapkan menjadi tempat edukasi bagi publik, tidak hanya tentang anggrek, tetapi juga konservasi secara umum," tuturnya, dikutip dari Antara, Kamis.

Ilustrasi kebun raya - Kebun Raya Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat.https://kebunraya.id/ Ilustrasi kebun raya - Kebun Raya Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat.

Handoko melanjutkan, Kebun Raya Bogor menjadi percontohan untuk 44 kebun raya lainnya di seluruh Indonesia. 

Ada lima kebun raya yang dikelola oleh BRIN, yakni Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Eka Karya Bali, dan Kebun Raya Cibinong.

Baca juga:

Terdapat pula lima kebun raya yang dikelola pemerintah provinsi, 32 kebun raya yang dikelola pemerintah kabupaten/kota, dan tiga kebun raya yang dikelola perguruan tinggi. 

Dengan meresmikan Griya Anggrek, tambahnya, diharapkan Kebun Raya Bogor menjadi pelopor dalam mengelola fasilitas di kebun raya lainnya yang dibangun oleh kementerian terkait.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.