Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2022, 18:10 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyiapkan jalur skuter listrik di sekitar Kotabaru.

Aturan dibuat setelah skuter listrik dilarang beroperasi di kawasan Titik Nol Kilometer Kota Yogyakarta, Malioboro, dan Tugu Pal Putih Kota Yogyakarta.

"Jadi kemarin itu memang draf sudah sampai saya dan memang kita sudah punya aturan tentang skuter listrik, terutama kita arahkan ke seputaran Kotabaru," jelas Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Kamis (19/5/2022).

Ia menjelaskan, jalur-jalur yang memungkinkan untuk skuter listrik beroperasi, salah satunya di kawasan Gereja Kotabaru.

"Jadi Kotabaru dari sekitar Gereja Kotabaru dan segala macam itu kan masih dimungkinkan untuk bisa dinikmati dengan skuter," ujar dia.

Baca juga:

Dia menambahkan, dirinya sudah berbicara dengan beberapa komunitas skuter listrik di Kota Yogyakarta. Dalam pertemuan ini, Heroe memberikan penjelasan bahwa jalur yang sekarang diperbolehkan bersifat darurat.

"Sifatnya darurat artinya tidak terencana, jalurnya jalur yang tidak terencana. Sehingga kami pemerintah berusaha menganggarkan untuk membuat jalurnya," ucapnya.

Menurutnya, anggaran tersebut untuk memberikan tanda pembeda antara jalur skuter listrik dengan jalur kendaraan lainnya. Ia menambahkan, jalur yang sekarang ada diharapkan bisa digunakan.

"Saat libur Lebaran sempat saya bicara tentang komunitas ini untuk bareng-bareng menyiapkan jalur yang baru agar visibel, nyaman, dan semua orang terlindungi dari potensi-potensi kalau sampai bertemu dengan kendaraan yang lain," jelas dia.

Sebelumnya, Surat Edaran (SE) Gubernur terkait larangan beroperasi skuter listrik dan sejenisnya di Jalan Margomulyo, Margo Utomo, dan Malioboro membuat polemik. Pengusaha skuter listrik menilai aturan itu memberatkan dan siap dibina untuk ke depannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com