Kompas.com - 19/05/2022, 14:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sempat buka saat libur lebaran, kini Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kembali tutup untuk melanjutkan proses revitalisasi.

Revitalisasi ditargetkan rampung pada September mendatang.

Baca juga: TMII Buka Saat Libur Lebaran, Mulai 30 April

Direktur Eksekutif TMII, I Gusti Putu Ngurah Sedana menyampaikan, akan ada sejumlah penambahan dan pembaharuan fasilitas hiburan di TMII.

Beberapa di antaranya yaitu peluasan fasilitas pedestrian, pembuatan jalur sepeda dan TMII Are Zero Emisi, hiburan parade budaya Nusantara, pameran UMKM setiap hari, dan penggantian kereta layang menjadi trem listrik buatan dalam negeri.

"Semua kereta layang akan diganti dengan trem listrik. Nanti ada lima gerbong trem listrik, dan rel di atas, untuk keliling TMII sehingga bisa melihat pulau-pulau di Archipelago dari atas," kata Sedana saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/05/2022).

Baca juga: Harga Tiket Masuk TMII Dijanjikan Tidak Naik Setelah Revitalisasi

Trem listrik akan gantikan kereta layang di TMIIdokumentasi Taman MIni Indonesia Indah Trem listrik akan gantikan kereta layang di TMII

Di samping itu, pihaknya juga tengah melakukan penataan wahana Archipelago menjadi pulau-pulau tiga dimensi dan pembuatan air mancur bercerita.

"Pulaunya dan pinggiran pulau dibuat jalan sehingga bisa dibuat area parade budaya. Bisa melihat dan berkeliling pulau-pulau Indonesia mini," sambung Sedana.

Sedangkan untuk Anjungan Daerah akan ditata tanpa pagar. Tujuannya, supaya kebhinekaan Indonesia kian terasa.

Baca juga: Kondisi TMII yang Terbengkalai Beredar di Twitter, Ini Penjelasannya

Guna menyokong kenyamanan pengunjung, TMII juga sedang dalam proses pembangunan area parkir bertingkat.

Terkait harga tiket masuk saat buka nantinya, TMII berencana tidak melakukan perubahan atau masih di harga Rp 25.000 per orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.