Kompas.com - 19/05/2022, 13:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana diadakannya konser musik internasional di Indonesia mulai Mei hingga beberapa bulan, mendapat tanggapan positif dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Ia mengatakan, berlangsungnya konser-konser tersebut patut disyukuri karena menunjukkan penanganan pandemi yang dinilai semakin baik di Indonesia.

Baca juga: 5 Kafe K-Pop di Jakarta untuk Tempat Nongkrong K-Popers

Selain itu, masifnya penggemar genre Korean Pop atau K-Pop di tanah air menurutnya juga bisa dijadikan pembelajaran.

"Ramainya K-Pop di Indonesia bisa kita ambil sebagai pelajaran dalam mengembangkan seni pertunjukan di Indonesia agar mendunia," ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing yang digelar hybrid, Selasa (17/05/2022).

"Industri seni pertunjukan harus dikelola dengan baik dan produknya dikemas sangat menarik, sehingga bisa memiliki banyak penggemar atau fans," tambahnya.

Baca juga: Jalan-jalan ke Korea Selatan, Bisa Mampir ke 3 Destinasi Menarik Ini

Sandiaga juga menyampaikan, para pelaku industri pertunjukan di Korea melihat K-Pop memiliki market atau pasar yang sangat potensial di Indonesia, sehingga mereka mendatangkan para artisnya.

Diharapkan antusiasme itu bisa ikut meningkatkan mobilitas wisatawan, tak hanya wisatawan domestik tetapi juga wisatawan mancanegara.

Terlebih, ia menambahkan, banyak penggemar K-Pop juga berasal dari negara-negara tetangga, seperti Singapura, Thailand, dan Filipina. 

"Ini tantangan dan peluang kita agar konsep dan kedatangan artis internasional dapat menstimulasi mobilitas wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia," tutur Sandiaga. 

Menurut Sandiaga, konser musik internasional merupakan salah satu faktor pendorong
kebangkitan perekonomian nasional di masa mendatang.

Baca juga: Festival Kpop KCON Kembali Digelar Tatap Muka Tahun Ini

Oleh karena itu, ia berpesan agar momentum seperti ini dapat memberikan manfaat tidak hanya bagi penyelenggara, tetapi juga ekosistem dunia pertunjukan seni secara keseluruhan.

"Ini juga harus menginspirasi agar talenta-talenta kita bisa naik kelas, dan penyelenggaraan konser internasional bisa memotivasi pelaku musik tanah air untuk selalu mengembangkan dan melakukan inovasi, sehingga industri musik Tanah Air turut bergaung secara global," pungkasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.