Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2022, 09:30 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini, mungkin kebanyakan orang mengira bahwa menuju Kawah Ijen harus ditempuh melalui Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Namun, sebenarnya Kawah Ijen juga masuk Kabupaten Bondowoso. Bahkan, pos pendakian Gunung Ijen di Paltuding sudah ada di wilayah Bondowoso.

Perjalanan menuju Kawah Ijen pun bisa dilakukan melalui Kabupaten Bondowoso, terutama bagi masyarakat yang menempuh perjalanan dari arah barat, misal Kota Bondowoso, Jember, Probolinggo, bahkan Surabaya.

Baca juga: Wisata Bondowoso: Kaldera Ijen Purba yang Punya Banyak Keunikan Alam

Dengan menempuh perjalanan menuju Ijen via Bondowoso, pengunjung tidak perlu berkendara memutar sampai Kabupaten Banyuwangi.

Kondisi jalan menuju Ijen via Banyuwangi dan Bondowoso

Kompas.com sempat menjajal berkendara menuju Kawah Ijen via Banyuwangi pada Kamis (12/5/2022) dan turun via Bondowoso.

Ijen via Banyuwangi (dekat pusat kota)

Adapun menurut pengamatan Kompas.com, perjalanan menuju Kawah Ijen memang lebih dekat dari pusat Kota Banyuwangi. Perjalanan dari pusat Kota Banyuwangi menuju Paltuding hanya sekitar 1 jam.

Perjalanan malam ke Kawah Ijen via Banyuwangi.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Perjalanan malam ke Kawah Ijen via Banyuwangi.

Biasanya, pengunjung menginap terlebih dahulu di Banyuwangi setelah menempuh perjalanan sampai ke sana.

Kondisi jalan pun cukup bagus, sampai Kecamatan Licin. Namun, setengah jam terakhir harus ditempuh melalui jalur tengah hutan Gunung Ijen tanpa lampu jalan dan bangunan apa pun di kanan dan kiri jalan sampai Paltuding.

Baca juga: Kawah Ijen via Banyuwangi, Siap-siap Lewat Tengah Hutan

Jalan cukup menanjak di beberapa titik saat area hutan. Jalan berlubang juga ada di beberapa titik. 

Apabila ke Ijen lewat jalur ini, hendaknya isi bensin penuh di Kota Banyuwangi. Itu karena tidak ada pom bensin sepanjang perjalanan sampai Paltuding.

Ijen via Bondowoso (jauh dari pusat kota)

Sementara itu, menuju Kawah Ijen dari Kota Bondowoso membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan jarak tempuh kurang-lebih 65 kilometer (km).

Biasanya, pengunjung yang ke Ijen via Bondowoso langsung menuju Paltuding dan berkemah sebelum mendaki saat loket buka pada 02.00 WIB.

Kondisi jalan dari Bondowoso sampai Paltuding sebagian besar sudah mulus. Namun, hanya ada dua ruas. 

Kondisi jalan kurang bagus yang sedikit berlubang baru ada di sekitar perkebunan daerah Kalianyar atau pertigaan ke wisata Kawah Wurung. Namun, jalan kembali mulus setelah itu.

Adapun wisatawan akan melewati kaldera Gunung Ijen Purba di jalur ini. Ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi, seperti Kawah Wurung, Air Terjun Kalipait, dan Air Terjun Blawan.

Baca juga: Air Terjun Kalipait Bondowoso, Uniknya Sungai Hijau dari Kawah Ijen

Jika ingin menginap, penginapan di Kecamatan Ijen tidak sebanyak di Kota Banyuwangi. Beberapa penginapan di Kecamatan Ijen, di antaranya adalah Arabica Homestay, Ijen Homestay, dan Guest House Jampit.

Pengunjung juga hendaknya mengisi bensin kendaraan sampai penuh saat masih di Kota Bondowoso karena tidak ada pom bensin besar sampai Paltuding. Hanya ada Pertashop dan penjual bensin eceran di Kecamatan Ijen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com