Kompas.com - 21/05/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Saat ini, mungkin kebanyakan orang mengira bahwa menuju Kawah Ijen harus ditempuh melalui Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Namun, sebenarnya Kawah Ijen juga masuk Kabupaten Bondowoso. Bahkan, pos pendakian Gunung Ijen di Paltuding sudah ada di wilayah Bondowoso.

Perjalanan menuju Kawah Ijen pun bisa dilakukan melalui Kabupaten Bondowoso, terutama bagi masyarakat yang menempuh perjalanan dari arah barat, misal Kota Bondowoso, Jember, Probolinggo, bahkan Surabaya.

Baca juga: Wisata Bondowoso: Kaldera Ijen Purba yang Punya Banyak Keunikan Alam

Dengan menempuh perjalanan menuju Ijen via Bondowoso, pengunjung tidak perlu berkendara memutar sampai Kabupaten Banyuwangi.

Kondisi jalan menuju Ijen via Banyuwangi dan Bondowoso

Kompas.com sempat menjajal berkendara menuju Kawah Ijen via Banyuwangi pada Kamis (12/5/2022) dan turun via Bondowoso.

Ijen via Banyuwangi (dekat pusat kota)

Adapun menurut pengamatan Kompas.com, perjalanan menuju Kawah Ijen memang lebih dekat dari pusat Kota Banyuwangi. Perjalanan dari pusat Kota Banyuwangi menuju Paltuding hanya sekitar 1 jam.

Perjalanan malam ke Kawah Ijen via Banyuwangi.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Perjalanan malam ke Kawah Ijen via Banyuwangi.

Biasanya, pengunjung menginap terlebih dahulu di Banyuwangi setelah menempuh perjalanan sampai ke sana.

Kondisi jalan pun cukup bagus, sampai Kecamatan Licin. Namun, setengah jam terakhir harus ditempuh melalui jalur tengah hutan Gunung Ijen tanpa lampu jalan dan bangunan apa pun di kanan dan kiri jalan sampai Paltuding.

Baca juga: Kawah Ijen via Banyuwangi, Siap-siap Lewat Tengah Hutan

Jalan cukup menanjak di beberapa titik saat area hutan. Jalan berlubang juga ada di beberapa titik. 

Apabila ke Ijen lewat jalur ini, hendaknya isi bensin penuh di Kota Banyuwangi. Itu karena tidak ada pom bensin sepanjang perjalanan sampai Paltuding.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.