Kompas.com - 20/05/2022, 15:03 WIB

KOMPAS.com – Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur ternyata punya satu kecamatan yang berada di kaldera Gunung Ijen Purba, yakni Kecamatan Ijen.

Menurut laman Kamus Besar Bahasa Indonesia, kaldera berarti kawah gunung berapi yang sangat luas, terjadi karena peledakan atau runtuhnya bagian puncak gunung berapi.

Dilihat dari Google Maps, Kecamatan Ijen tampak berada di dalam lingkaran raksasa yang dulu merupakan bekas kawah Gunung Ijen Purba.

Adapun Kecamatan Ijen juga akan dilalui wisatawan yang hendak berkunjung ke Kawah Ijen, jika berangkat dari arah barat atau via Kabupaten Bondowoso.

Wisata alam yang unik di Kaldera Ijen Purba

Tak hanya sekadar cekungan raksasa. Kaldera Ijen Purba ternyata menyuguhkan fenomena alam unik yang juga menjadi tempat wisata.

Dilansir dari laman geopark-ijen.jatimprov.go.id, berikut tempat wisata dengan fenomena alam unik yang ada di Kecamatan Ijen:

1. Bukit Paralayang Megasari

Bukit Paralayang Megasari.Dok. geopark-ijen.jatimprov.go.id Bukit Paralayang Megasari.

Geosite ini merupakan puncak dinding kaldera Gunung Ijen Purba dan bisa dimanfaatkan untuk landasan take off paralayang.

Ketinggian tempat ini dengan dasar kaldera adalah sekitar 465 meter. Pengunjung dapat menyaksikan bentang alam kaldera Ijen Purba dengan anak gunung apinya, seperti Kawah Ijen dan Kawah Wurung.

2. Aliran Lava Plalangan

Aliran Lava Plalangan di Bondowoso, Jawa TimurDok. geopark-ijen.jatimprov.go.id Aliran Lava Plalangan di Bondowoso, Jawa Timur

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.