Kompas.com - 25/05/2022, 16:33 WIB

KOMPAS.com - Wisatawan nasional dari Indonesia tercatat paling banyak mengunjungi Singapura sepanjang bulan April 2022, dengan jumlah sebesar 58.270 orang.

Informasi tersebut disampaikan oleh Manager, Indonesia, International Group Singapore Tourism Board (STB), Indriati Permanasari, di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place pada Selasa (24/5/2022).

Baca juga:

"Indonesia sudah istilahnya (jadi) nomor satu yang mengunjungi Singapura. Di bulan April (2022), kita ada sekitar 58.270 wisatawan dari Indonesia dan itupun sudah naik dari Maret (sebanyak) 13.620 (wisatawan)," kata Indri. 

Dengan jumlah tersebut, Indonesia juga melampaui India sebagai sumber kedatangan paling besar ke Singapura. 

Bandara Changi SingapuraShutterstock Bandara Changi Singapura

Indriati menerangkan, jumlah kunjungan wisatawan ke Singapura secara garis besar mengalami kenaikan. Tercatat ada peningkatan sebesar 252 persen pada kuartal I tahun 2022, jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. 

Hal tersebut didukung dengan adanya peningkatan kedatangan wisatawan asing dari bulan ke bulan secara berturut-turut, dari Januari 2022 hingga April 2022.

Baca juga:

Dilansir dari keterangan resmi yang Kompas.com terima, Selasa, terdapat sekitar 294.300 pengunjung di Singapura pada bulan April 2022, naik dari bulan Maret 2022 yang sebesar 121.200 orang. 

Kendati demikian, jumlah tersebut masih termasuk rendah jika dibandingkan dengan bulan April 2019 atau sebelum pandemi Covid-19, yakni 1,6 juta orang. 

Singapura termasuk salah satu negara yang telah melonggarkan syarat perbatasan, khususnya di bawah skema Vaccinated Travel Framework (VTF). Wisatawan yang telah divaksinasi dosis penuh bisa masuk ke Negeri Singa tanpa persyaratan karantina dan tes Covid-19. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.