Kompas.com - 27/05/2022, 12:02 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.COM - Pemerintah Kota Yogyakarta terus berupaya menyuguhkan lokasi wisata baru, mengingat tidak ada berbasis alam.

Beberapa atraksi wisata yang sedang dikembangkan di sana, dari mulai membuat jalur skuter listrik, hingga belanja.

"Kota Yogyakarta tidak seperti daerah lain seperti Kabupaten Gunungkidul, Sleman, dan kulon Progo yang memiliki destinasi wisata berupa alam," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko kepada Kompas.com, Kamis (26/5/2022).

Baca juga: 4 Tips agar Tidak Kena Tipu Saat Wisata di Malioboro Yogyakarta

Karena dasar itulah pihaknya menyadari bahwa semua jengkal potensi sedikit apa pun di Kota Yogyakarta bisa dijadikan daya tarik wisata.

Lebih lanjut, Wahyu menjelaskan beberapoa potensi yang dikembangkan seperti  membuat kawasan atau jalaur khusus di daerah Kotabaru.

Akan dilakukan pula penataan dan penertiban skuter listrik yang selama ini membahayakan pengguna jalan lain.

pengunjung saat menyewa skuter di Jalan Mangkubumi, Senin (1/10/2022)KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO pengunjung saat menyewa skuter di Jalan Mangkubumi, Senin (1/10/2022)

"Sedang kami siapkan. Intinya bahwa wisatawan yang mengakses itu harus benar-benar aman. Jangan sampai membahayakan wisatawan itu sendiri dan orang lain," kata dia.

Jalur skuter listrik ini masih dalam pembahasan dengan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dan disesuaikan dengan Permenhub Nomor 45 Tahun 2020 tentang pemakaian kendaran dengan penggerak listrik meliputi, skuter listrik, sepeda listrik, otopet, hingga sepeda roda 1.

Ia menambahkan jika operasional skuter listrik tidak diatur dan membahayakan wisatawan justru akan mencoreng pariwisata Kota Yogyakarta.

Baca juga: Skuter Listrik Resmi Dilarang di 3 Ruas Jalan Yogyakarta, Ada Malioboro

"Di Peraturan Menteri Perhubungan itu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum itu dilaksanakan. Nah ini sedang kita godok terus," jelas dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.