Kompas.com - 26/05/2022, 16:04 WIB

KOMPAS.comGunung Semeru merupakan tujuan favorit pendaki yang ingin menapakkan kakinya di puncaknya.

Bagaimana tidak, gunung ini merupakan titik tertinggi Pulau Jawa dengan ketinggian mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Namun, menikmati pesona Semeru ternyata tak hanya bisa dilakukan dengan mendakinya saja. Terlebih, hingga Kamis (26/5/2022), pendakian Gunung Semeru masih belum dibuka karena statusnya yang siaga (level 3).

Baca juga: Malang-Lumajang via Curah Kobokan, Aliran Lahar Hujan Gunung Semeru

Salah satu cara menikmati pesona Gunung Semeru ternyata bisa dilakukan dari Simbar Semeru. Tempat ini bukan berada di lereng gunung setinggi 3.676 mdpl itu.

Simbar Semeru tepatnya berada di Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kemah ditemani gemuruh dan lava pijar Gunung Semeru

Adapun Simbar Semeru berada di kawasan perbukitan selatan dari Gunung Semeru. Jika ditarik garis lurus, jarak dari puncak Semeru adalah sekitar 14 kilometer.

Berada di lereng bukit setinggi kurang-lebih 900 mdpl, Simbar Semeru menawarkan panorama terbuka ke sisi utara.

Artinya, Gunung Semeru tampak begitu jelas dari bawah sampai puncaknya tanpa ada halangan apa pun. Bahkan saat membuka tenda, pengunjung bisa langsung menyaksikan panorama atap Pulau Jawa Itu.

Lava pijar yang keluar dari kawah Gunung Semeru, dilihat dari Simbar Semeru, Lumajang, Jawa Timur.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Lava pijar yang keluar dari kawah Gunung Semeru, dilihat dari Simbar Semeru, Lumajang, Jawa Timur.

Kompas.com sempat berkemah di Simbar Semeru pada Senin-Selasa (16-17 Mei 2022) dan melihat langsung keindahan yang tersaji di sana.

Saat itu, bulan purnama menerangi langit malam. Gunung Semeru pun tetap terlihat gagah di bawah gelapnya langit malam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.