Kompas.com - 17/06/2022, 11:05 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Dalam hitungan hari, DKI Jakarta akan merayakan ulang tahun ke-495. Lantas, ulang tahun Jakarta 2022 tanggal berapa

Ulang tahun Jakarta diperingati setiap 22 Juni. Penetapan tanggal ulang tahun ibu kota tersebut ternyata memiliki sejarah panjang. 

Guna memperingati hari ulang tahun Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta rutin menggelar perayaan setiap tahun. Perayaan itu mengusung tema tertentu sesuai dengan kondisi yang tengah berkembang.

Berikut tema ulang tahun Jakarta 2022 ke-495, serta sejarah singkat penetapannya.  

Baca juga: Wisata Monas Jakarta Akan Dibuka Minggu Ini

Ilustrasi ondel-ondel. Ikon budaya Betawi ini kerap muncul pada perhelatan seperti Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta.DOK. SHUTTERSTOCK Ilustrasi ondel-ondel. Ikon budaya Betawi ini kerap muncul pada perhelatan seperti Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta.

Ulang tahun Jakarta 2022

Tema hari ulang tahun (HUT) ke-495 DKI Jakarta 2022 adalah Jakarta Hajatan. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (23/5/2022), Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali menjelaskan tema Jakarta Hajatan dipilih lantaran merupakan istilah di Indonesia yang bermakna perayaan atau selebrasi. 

"Hajatan itu memiliki makna selebrasi yang kental dengan nuansa Indonesia, seperti resepsi, selamatan, dan sejenisnya atas sebuah capaian. Tema tahun ini adalah kolaborasi, akselerasi, elevasi," ujar Marullah. 

Selain itu, tema Jakarta Hajatan itu mengandung pesan optimisme dan semangat kolaborasi sebagai identitas ibu kota. Jakarta sebagai kota kolaborasi, kata Marullah, bermakna mendorong pertumbuhan untuk menghadapi beragam isu global yang hadir di tengah ibu kota

"Sekaligus juga merefleksikan semangat kolaborasi yang sudah didengungkan selama hampir lima tahun," imbuhnya. 

Baca juga: Ancol Beri Promo Tiket Gratis untuk Rayakan HUT DKI Jakarta

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Berbagai rangkaian acara sudah disiapkan oleh Pemprov DKI untuk menyemarakkan acara Jakarta Hajatan. Mulai dari Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2022 atau Jakarta Fair 2022, balapan Formula E, pameran seni, pertunjukkan seni, gebyar diskon di beberapa pusat perbelanjaan, dan lainnya. 

Rencananya, rangkaian perayaan ulang tahun Jakarta 2022 akan ditutup dengan grand launching Jakarta International Stadium (JIS) pada 25 Juni 2022 mendatang. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.