Kompas.com - 17/06/2022, 18:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah warga Jakarta dan sekitarnya terus mencari tahu kapan Monas dibuka kembali.

Adapun hari ini, Jumat (17/06/2022) merupakan hari kedua uji coba pembukaan Monumen Nasional atau Monas. Berdasarkan pantauan Kompas.com, sejumlah wisatawan tampak mulai memadati monumen di kawasan Jakarta Pusat tersebut sejak siang.

Baca juga: Monas Sudah Dibuka Lagi untuk Umum Hari Ini

Namun, dalam uji coba belum semua area di kawasan Monas dapat kamu kunjungi. Area yang bisa dikunjungi hanya sekitar lapangan dan taman saja. Sedangkan tugu dan museum yang merupakan ruang tertutup masih belum dibuka.

"Untuk sekarang belum boleh masuk ke tugu dan museum. Kami sudah prepare tinggal menunggu instruksi dari Balai Kota, mohon bersabar," kata Nursamin, staf pelayanan Unit Pengelola Kawasan (UPK) Tugu dan Kawasan Monas, kepada Kompas.com, Jumat (17/06/2022).

Nur membeberkan, rencananya pengumuman resmi uji coba pembukaan Monas baru akan dikeluarkan besok, Sabtu (18/06/2022) oleh Balai Kota.

Baca juga: 7 Tips Keliling Jakarta Naik Bus Wisata Gratis, Naik di Halte Pertama

Jam buka Monas dan cara berkunjung

Selama uji coba, jam buka Monas mulai pukul 06.00 sampai dengan 16.00 WIB, setiap harinya. Tidak ada batasan kuota kunjungan.

"Kuota kunjungan, untuk sementara tidak pakai. Karena yang diujicobakan adalah ruang terbuka. Kalau yang berkaitan dengan PPKM kan biasanya dalam ruangan," terang Nur.

Papan petunjuk bagi pengunjung Monumen Nasional (Monas). Monas buka lagi untuk umum per Kamis (16/06/2022), namun baru memasuki uji coba.KOMPAS.com/WASTI SAMARIA SIMANGUNSONG Papan petunjuk bagi pengunjung Monumen Nasional (Monas). Monas buka lagi untuk umum per Kamis (16/06/2022), namun baru memasuki uji coba.

Pantauan Kompas.com, pintu masuk dan keluar Monas hanya melalui gerbang Lenggang di Parkiran IRTI saja.

Baca juga: Monas Segera Buka Lagi, Berikut 8 Tempat Wisata di Sekitarnya

Sebelum masuk, tampak beberapa petugas memantau pengunjung, mengukur suhu, sekaligus memastikan pengunjung melakukan pemindaian PeduliLindungi sebelum memasuki kawasan Monas.

Sedangkan untuk akses transportasi umum terdekat, pengunjung bisa berhenti di Stasiun Gondangdia atau Stasiun Juanda. Kemudian, melanjutkan perjalanan dengan transportasi online sekitar 3,3 kilometer (km).

Sementara jika menggunakan Transjakarta, pengunjung bisa naik TransJakarta1P dan berhenti di halte IRTI.

Lebih lengkap mengenai cara ke Monas dan transportasi umum yang dapat digunakan dapat dibaca pada tautan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.