Kompas.com - 26/05/2022, 08:32 WIB

KOMPAS.com - Bus Wisata Transjakarta kembali beroperasi mulai Sabtu (14/5/2022) lalu, dan hanya melayani penumpang saat akhir pekan serta hari libur nasional.

Saat ini bus tingkat tersebut baru kembali melayani dua rute, yakni BW2 Jakarta Baru (Juanda Istiqlal - PP) dan rute BW4 Pencakar Langit (IRTI Monas - PP).

Adapun waktu operasionalnya adalah pukul 10.00 WIB - 18.00 WIB pada hari Sabtu, dan pukul 11.00 WIB - 18.00 WIB pada hari Minggu.

Baca juga:

Sebelum naik bus wisata gratis Jakarta, ketahui beberapa tips dan aturan yang sudah Kompas.com rangkum berikut ini.

1. Naik dari halte paling ujung atau pertama

Tips pertama bagi yang ingin leluasa mencari tempat duduk, sebaiknya datang ke halte paling awal atau paling ujung. Yaitu halte Juanda Istiqlal untuk BW2 dan halte IRTI Monas untuk BW4.

Bus wisata gratis TransjakartaTransjakarta Bus wisata gratis Transjakarta
 

Adapun saran ini juga berasal dari Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR PT Transjakarta Iwan Samariansyah, agar calon penumpang bisa memperbesar peluang mendapatkan tempat duduk.

"Untuk naik tidak perlu daftar, naik ke halte terdekat saja, tapi kalau mau tidak ramai, bisa naik rute paling ujung," kata Iwan, mengutip Kompas.com (22/5/2022). 

2. Makan atau minum terlebih dahulu

Selanjutnya, calon penumpang sebaiknya makan maupun minum terlebih dahulu, sebelum naik ke dalam bus. 

Hal ini karena aturan bus wisata ini sama dengan bus Transjakarta biasanya, yakni dilarang makan dan minum di dalam kendaraan. 

Makan dan minum terlebih dahulu bisa mengantisipasi rasa haus maupun lapar, karena perjalanan satu rute estimasi durasinya mencapai 45 menit hingga 1 jam, jika tidak berhenti atau turun di halte tertentu. 

Baca juga: Serunya Naik Bus Tingkat Wisata Jakarta Gratis, Lihat Panorama Kota dari Atas

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.