Kompas.com - 24/06/2022, 14:02 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Bali tak pernah gagal memikat wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Daya tarik Bali adalah menawarkan beragam destinasi wisata, mulai pantai, gunung, danau, budaya, edukasi, dan lainnya. 

Saat musim libur sekolah seperti sekarang ini, wisata edukasi Bali bisa menjadi alternatif bagi para orangtua mengajak anak-anaknya bermain. Jadi, sembari berwisata anak-anak bisa mendapatkan pengetahuan dengan cara yang menyenangkan. 

Berikut rekomendasi wisata edukasi Bali seperti dihimpun Kompas.com

Baca juga: Jam Buka dan Harga Tiket Bali Zoo, Bisa Mampir Saat Libur Sekolah

1. Bali Safari & Marine Park

Bali Safari & Marine Park, atau dikenal sebagai Taman Safari Bali, merupakan salah satu kebun binatang di Bali. Para orangtua dapat mengenalkan anak dengan beragam fauna di obyek wisata ini. 

Mengutip situs Bali Safari & Marine Park, destinasi wisata ini merupakan rumah bagi lebih dari seribu satwa. Selain itu, Bali Safari & Marine Park ini adalah tempat konservasi satwa liar, langka, dan terancam punah di Indonesia. 

Wahana Elephant Back Safari  di Bali Safari & Marine Park atau Taman Safari BaliDok. https://www.balisafarimarinepark.com/ Wahana Elephant Back Safari di Bali Safari & Marine Park atau Taman Safari Bali

Terdapat sekitar 120 spesies hewan, termasuk spesies langka dan terancam punah seperti komodo, orangutan, dan burung jalak Bali. Menariknya, Bali Safari & Marine Park merupakan salah satu destinasi wisata yang dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama keluarga saat menghabiskan libur Lebaran 2022 di Bali. 

Sejumlah wahana favorit di Bali Safari & Marine Park antara lain, Jungle Hopper, Elephant Back Safari, The Night Safari Package, Breakfast with the Lions, 4x4 Safari Package, The Bali Agung Show, dan lainnya. 

Lokasinya berada di Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Km. 19,8 Gianyar. 

2. Bali Zoo 

Kebun binatang lainnya di Bali adalah Bali Zoo. Berdasarkan informasi dari situs Bali Zoo, terdapat sejumlah wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung. 

Sebut saja, Zoo Explorer, Breakfast with Orangutan, Elephant Mud Fun, dan sebagainya. Pengunjung dapat menemukan beragam hewan di Bali Zoo antara lain, singa, buaya, burung kakatua, kura-kura, gajah, orangutan, dan masih banyak lagi. 

Tak heran, Bali Zoo menjadi salah satu alternatif wisata edukasi Bali yang dapat dikunjungi bersama anak-anak saat libur sekolah. Lokasinya berada di Jalan Raya Singapadu, Singapadu, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar. 

Baca juga: 10 Taman Hiburan Terbaik Dunia 2022 Versi TripAdvisor, Ada Bali

3. Kebun Raya Bali 

Obeyk wisata yang berdiri pada 1959 ini, bernama Kebun Raya Eka Karya Bali. Namun, masyarakat  kerap menyebutnya sebagai Kebun Raya Bali atau Kebun Raya Bedugul. 

Sebab, lokasinya berada di kawasan wisata Bedugul tepatnya di Jalan Kebun Raya, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Kebun Raya Bali.DOK. SHUTTERSTOCK Kebun Raya Bali.

Berdiri di lahan seluas 157,5 hektare (ha), Kebun Raya Bali merupakan kebun raya terluas yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Berdasarkan informasi dari situs Kebun Raya Bali LIPI, luasan tersebut melebihi Kebun Raya Cibodas (84,99 ha), Kebun Raya Bogor (87 ha), dan Kebun Raya Purwodadi (85 ha). 

Selain menikmati beragam koleksi tanaman dan tumbuhan langka, pengunjung bisa mempelajari aneka jenis flora tersebut. Uniknya, Kebun Raya Bali memiliki koleksi pohon yang usianya lebih dari seratus tahun. 

Baca juga: Hanya Orang Sakit Gede yang Senang Lihat Bali Macet Lagi

4. Pulau Penyu 

Wisata edukasi Bali selanjutnya adalah Pulau Penyu. Berdasarkan informasi dari situs Pemerintah Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung, pulai ini merupakan tempat penangkaran berbagai spesies penyu yang hampir punah. 

Penangkaran penyu tersebut bernama Pudut Sari. Jadi, pengunjung dapat mempelajari cara melestarikan penyu-penyu tersebut. 

Penyu di Pantai Tanjung Benoa, Bali.JOKO DWI CAHYANA Penyu di Pantai Tanjung Benoa, Bali.

Lokasinya berjarak sekitar 30 menit dari Tanjung Benoa menggunakan perahu atau boat. Seperti diketahui, Tanjung Benoa merupakan salah satu pantai di Bali yang dikenal sebagai pusat wisata air (watersports). 

Berbagai kegiatan watersport di Tanjung Benoa meliputi snorkeling, banana boat, parasailing, waterski, jetski, scuba diving, dan sebagainya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.