Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2022, 18:25 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Sekitar abad ke-18 di wilayah yang kini dikenal sebagai Distrik Phra Khanong di Kota Bangkok, Thailand, terdapat sepasang suami istri yang mengalami kejadian tragis. 

Sang suami, Mak, terpaksa meninggalkan sang istri yang tengah hamil, Nak, untuk pergi berperang. Namun, saat Mak masih di medan perang, Nak meninggal ketika melahirkan anak mereka. 

Jasad Nak pun dikebumikan di kompleks kuil Wat Mahabut yang hingga saat ini masih berdiri. Namun, lantaran arwahnya masih terikat dengan rasa cinta kepada suaminya, ia pun muncul kembali dalam wujud manusia untuk menunggu suaminya. 

Sepulangnya dari medan perang, Mak tidak tahu bahwa istrinya sudah meninggal dan ia malah disambut oleh sang istri beserta anak mereka. Ia berpikir bahwa ia bisa hidup bahagia bersama keluarga kecilnya.

Baca juga:

Ilustrasi beberapa lukisan Mae Nak di Kuil Mae Nak di Wat Mahabut, Thailand.Dok. Wikimedia Commons/Xufanc Ilustrasi beberapa lukisan Mae Nak di Kuil Mae Nak di Wat Mahabut, Thailand.

Kendati demikian, para tetangganya kerap memberitahunya bahwa Nak dan anaknya sesungguhnya sudah meninggal. Mak tentunya hanya menganggap hal itu sebagai rumor, hingga akhirnya ia menyaksikan sendiri tangan istrinya memanjang dari lantai dua rumah mereka hingga ke tanah. 

Singkat cerita, arwah Nak pun berhasil ditenangkan oleh seorang biksu bernama Somdej Phra Buddhacarya dan jasadnya dikremasi. 

Baca juga: 10 Mal Terbesar di Dunia, Banyak yang dari Thailand dan China

Kisah cinta tragis dan mengharukan Mae Nak kerap diadaptasi ke berbagai media, salah satunya film. Pada tahun 2005, ada film Ghost of Mae Nak yang dibintangi mendiang Tangmo Nida Patcharaveerapong dan Siwat Chotchaicharin.

Kemudian, pada tahun 2013, sutradara Banjong Pisanthanakun mengangkat kisah ini dari sudut pandang Mak melalui film horor-komedi Pee Mak. Film yang dibintangi Marior Maurer dan Davika Hoorne ini pun dinilai sukses. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dilansir dari thailandfoundation.or.th, Senin (27/6/2022), sampai saat ini banyak orang mendatangi Kuil Mae Nak di Wat Mahabut.

Kuil ini terkenal di kalangan masyarakat yang berharap agar tidak terpilih mengikuti wajib militer Thailand. Tidak hanya itu, dikutip dari coconuts.co, banyak pula ibu hamil yang mendatangi kuil ini dan berharap agar proses kelahiran mereka dimudahkan.

Lokasi Wat Mahabut terbilang mudah dijangkau, sekitar 32-34 kilometer (km) dari Bandara Internasional Don Mueang, dengan waktu tempuh kira-kira hampir satu jam. Pengunjung yang ingin masuk kuil bisa melewati pasar terlebih dahulu. 

Baca juga: Apa Itu Festival Songkran di Thailand? Ini 10 Faktanya

Di dalam kuilnya, terlihat aneka pakaian khas perempuan Thailand, pita aneka warna yang diikat, dan beragam lukisan yang mencoba menggambarkan sosok Mae Nak yang asli.

Jika hendak mengunjungi kuil-kuil di Thailand, wisatawan dianjurkan untuk berlaku sopan dan mengikuti aturan di kuil tersebut, termasuk soal mengambil foto.

Baca juga: Bangkok Thailand Akan Resmi Disebut Krung Thep Maha Nakhon

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com