Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2022, 14:33 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

KOMPAS.com - Pertunjukan tari biasanya dilakukan di lokasi khusus, seperti gedung kesenian atau lokasi wisata.

Sementara pertunjukan tari yang dilakukan di bandara, mungkin menjadi sebuah hal yang baru.

Baca juga: 20 Bandara Terbaik di Dunia, Bandara Soekarno-Hatta Peringkat Berapa?

Seperti yang dilakukan di area boarding lounge, Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (26/06/2022).

Penumpang nusantara mau pun mancanegara yang baru mendarat di aula kedatangan disambut oleh sejumlah tari-tarian tradisional.

Beberapa yang ditampilkan seperti Tari Sigeh Pengunten dari Lampung, Tari Kancet Papatai dari Kalimantan Timur, Tari Topeng dan alat musik Angklung dari Jawa Barat, Tari Kipas Pakarena dari Sulawesi Selatan, dan Tari Cakalele dari Maluku.

Tak sekadar menunjukkan kebolehan, para penampil tari juga mengajak para penontonnya berinteraksi. Sejumlah petugas bandara dan tenant komersial pun mengenakan pakaian adat untuk meramaikan acara tersebut.

Baca juga: Staf Bandara Soekarno-Hatta Masuk 10 Besar Terbaik di Asia

Parade budaya di Bandara Soekarno-Hatta ini menjadi salah satu upaya untuk melestarikan budaya bangsa sekaligus memberi nilai tambah bagi pelayanan di bandara.

"Terus kita dorong airport kita menjadi etalase kebudayaan, kesenian, dan musik Indonesia. Kita punya kebudayaan yang luar biasa, musik yang luar biasa. Kita sebagai bangsa punya kultur, punya karakter. Ini yang kita jaga," ujar Menteri BUMN Erick Thohir, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Tak hanya itu, parade budaya bertajuk "Langgam Pancarona, Dahayu Nusantara" itu juga dihadirkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata nasional.

"Kita bisa saksikan tadi ketika ada tarian, turis asing, turis lokal, semua yang ada di airport tersenyum, senang. Itu kehangatan yang harus kita jaga," sambung Erick.

Baca juga: 5 Bandara Paling Ramah Keluarga 2022, Indonesia Peringkat Berapa?

Dihadirkan rutin sekali seminggu

Parade budaya bertajuk Langgam Pancarona, Dahayu Nusantara di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/06/2022).DOK PT ANGKASA PURA II Parade budaya bertajuk Langgam Pancarona, Dahayu Nusantara di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/06/2022).

Rupanya, parade budaya direncanakan bakal terselenggara rutin sekali seminggu di sejumlah bandara, tak hanya di Bandara Soekarno-Hatta.

Sementara parade dengan skala yang lebih besar rencananya akan diselenggarakan sekali dalam sebulan.

"Kami ingin bandara menjadi etalase budaya, memberikan pengunjung experience yang berbeda," ucap Direktur Marketing InJourney, Maya Watono.

Baca juga: Cara Pesan Tiket Kereta Bandara YIA dan Jadwalnya Terbaru Juni 2022

Sementara itu, Presiden Direktur AP II, Muhammad Awaluddin berharap, penyelenggaraan parade budaya tersebut dapat menjadi momentum mendorong pemulihan sektor pariwisata nasional.

Sebab, Bandara Soekarno-Hatta, misalnya, mencatat kenaikan pergerakan penumpang dalam beberapa waktu terakhir.

Pada Juni 2022, rata-rata penumpang mencapai 120.000 orang per hari. Angka itu meningkat dibandingkan Desember 2021, yakni sekitar 80.000 orang per hari.

Baca juga: Penumpang Bandara Soekarno-Hatta Tembus 150.000 Orang, Pecah Rekor

Ia berpendapat, ada keinginan dari masyarakat untuk kembali melakukan perjalanan wisata, seiring dengan membaiknya situasi pandemi.

"Ini waktu yang tepat untuk mengakselerasi pemulihan sektor pariwisata, yang salah satunya kami dorong dengan mengenalkan ragam budaya nusantara di bandara," kata Awaluddin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com