Kompas.com - 18/07/2022, 13:54 WIB

KOMPAS.com - Changdeokgung atau Istana Changdeok wajib masuk ke dalam rencana perjalananmu jika berkunjung ke Korea Selatan.

Destinasi yang sempat dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2018 ini merupakan Istana Korea paling unik dan harmonis dengan alam sekitarnya.

Baca juga: Catat, 3 Syarat Masuk ke Korea Selatan Selain Visa

Asal tahu saja, istana ini lebih disenangi oleh raja daripada istana lainnya. Alasannya, karena tempatnya yang asri, terlebih istana ini punya taman belakang yang indah dan luas yang disebut Taman Rahasia atau Secret Garden.

Taman rahasia merupakan tempat khusus yang digunakan untuk raja dan keluarga beristirahat. Berbagai kegiatan keluarga raja juga digelar di taman ini.

Hanya itu? Tentu saja tidak. Masih banyak keseruan dan keindahan lainnya di istana yang masuk ke dalam daftar situs warisan budaya dunia UNESCO ini.

Istana Changdeok menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi Kompas.com dalam rangkaian perjalanan bersama Korea Tourism Organization (KTO) selama lima hari empat malam.

Pada kesempatan tersebut, kami mencoba masuk ke dalam istana menggunakan pakaian tradisional Korea, hanbok.

Baca juga: Keliling 2 Desa Wisata di Korea Pakai Hanbok, Bisa Nginap di Hanok

Hanbok bisa disewa di sebuah tempat penyewaan pakaian tradisional Korea di Dong Bu Building. Jarak gedung ini hanya sekitar 300 meter dari gerbang istana. Toko penyewaan hanbok berada di lantai dua gedung. 

Jam buka toko mulai dari pukul 10.00-19.00 waktu setempat.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Di tempat penyewaan ini, kamu bisa memilih berbagai desain dan warna Hanbok yang menarik, baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Biaya penyewaan hanbok 20.000 Won Korea Selatan (sekitar Rp 227.000) untuk dua jam dan 30.000 Won Korea Selatan (sekitar Rp 341.000) untuk empat jam.

Baca juga: Pertama Kali ke Korea Selatan, Simak 6 Tips Wisata Berikut

Untuk diketahui, ternyata terdapat berbagai macam hanbok menurut kasta atau jabatan.

Misalnya untuk laki-laki, ada hanbok yang dipakai untuk raja, pejabat tinggi istana, militer sekelas jenderal, prajurit, dan rakyat jelata. Kompas.com memilih hanbok militer.

Satu per satu pakaian mulai dipasangkan oleh pegawai penyewaan. Dimulai dari celana berwarna abu-abu. Kemudian dalaman baju berlengan panjang berwarna merah dan emas.

Contoh hanbok untuk laki-laki.Kompas.com/DAVID OLIVER PURBA Contoh hanbok untuk laki-laki.

Setelah itu pakaian berbentuk rompi panjang berwarna hitam serta kain biru yang diikatkan di pinggang. Untuk melengkapi penampilan, sebuah topi ala panglima militer dengan hiasan berwarna merah dan kuning digunakan sebagai sentuhan akhir.

Baca juga: Berapa Lama Mengurus Visa ke Korea Selatan?

Untuk bisa menggambarkan gagahnya hanbok ini, kamu mungkin bisa melihat atau mengingat kembali beberapa serial drama Korea bertema kerajaan.

Salah satunya "Kingdom". Kebetulan, Istana Changdeok merupakan lokasi syuting serial yang dibintangi aktor Ju Ji-Hoon itu.

Saat dipakai, hanbok ini terasa sangat ringan dan lembut. Apalagi ketika berada di dalam ruangan dengan AC, sangat nyaman digunakan.

Baca juga: Korea Selatan Buka Peluang Bebas Visa Kunjungan bagi WNI dengan Paspor Elektronik

Namun, saat sampai di luar, panas mulai menyengat dan keringat mulai bercucuran seperti sedang sauna. Maklum, saat itu sedang musim panas, suhunya sekitar 27-28 derajat Celsius.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.