Kompas.com - 21/07/2022, 23:06 WIB

KOMPAS.com - UNESCO menetapkan Kota Strasbourg di Perancis sebagai Kota Buku Dunia 2024 atau World Book Capital 2024. Perayaannya sendiri akan dimulai pada 23 April 2024, bertepatan dengan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia. 

Menurut Direktur Jenderal UNESCO, Audrey Azoulay, ketika berada dalam masa yang tidak pasti, banyak orang menjadikan buku sebagai tempat berlindung dan sumber mimpi. Ia menambahkan, buku juga memiliki kemampuan untuk menghibur dan mengajarkan sesuatu.

"Inilah mengapa kami harus memastikan bahwa setiap orang memiliki akses atas pengetahuan dan cerminan melalui buku dan aktivitas membaca. Inilah alasannya UNESCO menunjuk Kota Buku Dunia setiap tahunnya," tutur Azoulay, dikutip dari laman resmi UNESCO.

Baca juga:

Pihak UNESCO dan Komite Penasihat Kota Buku Dunia terkesan dengan fokus Kota Strasbourg dalam menjawab tantangan sosial dan perubahan iklim melalui buku, dengan program bertajuk Reading for the Planet (Membaca untuk Planet).

Kota seluas 78,26 kilometer persegi ini juga dinilai mampu menitikberatkan kemampuan buku dalam mendorong diskusi terkait kepedulian lingkungan dan pengetahuan ilmiah, sekaligus menjadikan anak-anak muda sebagai agen perubahan.

Baca juga: Patung Lilin Vladimir Putin di Museum Grevin Perancis Digudangkan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Berada sejauh 492 kilometer dari Kota Paris, Strasbourg juga memiliki warisan sastra serta aktivitas yang berfokus terhadap berbagai bidang artistik, mulai dari musik hingga teater dan ilustrasi.

Kota Strasbourg sendiri memiliki beragam daya tarik, mulai dari bangunan beraristektur gotik, museum, opera, orkestra (The Strasbourg Philharmonic Orchestra), hingga aneka festival.

Baca juga:

Sebagai informasi, sebelumnya UNESCO juga telah menetapkan Guadalajara sebagai Kota Buku Dunia 2022 dan Accra sebagai Kota Buku Dunia 2023.

Kota-kota yang telah ditetapkan sebagai Kota Buku Dunia berkewajiban mempromosikan buku dan aktivitas membaca bagi siapapun, serta menyelenggarakan berbagai aktivitas selama setahun.

Baca juga: Naik Kereta Cepat Baru, Paris-Berlin Hanya 7 Jam

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber UNESCO


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.