Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2022, 19:22 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Malaysia menjadi salah satu destinasi wisata yang dekat dengan Indonesia.

Dari banyaknya wilayah di negara tersebut, mungkin Kuala Lumpur jadi kota paling populer dan akrab di telinga, apalagi dengan keberadaan menara kembar Petronas Tower yang ikonis.

Baca juga:

Nah, sebagai referensi buat kamu yang mau berlibur ke Negeri Jiran ini, berikut Kompas.com rangkum beberapa tempat wisata populer di Malaysia, selain Kuala Lumpur.

Tempat wisata populer Malaysia selain Kuala Lumpur

1. Penang

Jembatan Penang yang menghubungkan Pulau Penang dan Seberang Perai, MalaysiaShutterstock/Maxxx Lim Jembatan Penang yang menghubungkan Pulau Penang dan Seberang Perai, Malaysia

Deputy Director Tourism Malaysia Jakarta, Haryanty Abu Bakar, mengatakan, Penang terkenal sebagai destinasi wisata medis, terutama di kalangan wisatawan Indonesia yang berasal dari Pulau Sumatera.

"Selain itu, Penang juga kawasan favorit untuk kulineran, di situ bisa ditemukan makanan khas Melayu, China dan India, semuanya lengkap," kata dia kepada Kompas.com, Rabu (2/11/2022).

Daya tarik Penang ada di alam, budaya, dan sejarah. Wilayah ini terdiri dari Pulau Penang dan Seberang Perai di pulau besar, dengan salah satu jembatan terpanjang di Asia yang menghubungkan kedua pulau tersebut.

Baca juga:

Beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi antara lain George Town sebagai ibu kota Penang sekaligus UNESCO World Heritage Site yang dipenuhi gedung-gedung bersejarah.

Berikutnya ada Jembatan Penang sepanjang 13,5 kilometer, yang dibuat mirip model Golden Gate Bridge di San Francisco, Amerika Serikat.

Ada juga Taman Nasional Penang, sebagai rumah bagi ratusan spesies flora dan fauna yang di dalamnya terdapat Danau Meromictic alami, yakni danau dengan fenomena alami yang terdiri dari dua lapisan air berbeda.

2. Johor

Masjid Sultan Iskandar Bandar Baru Dato? Onn Johor BahruShutterstock/FuaadRCD Masjid Sultan Iskandar Bandar Baru Dato? Onn Johor Bahru

Johor terletak di selatan Semenanjung Malaysia. Sebagian besar daya tarik Johor ada di keanekaragaman hayati dan pulau-pulau di sepanjang pantainya.

Sejumlah tempat menarik yang bisa kamu kunjungi, salah satunya Taman Nasional Endau Rompin dengan formasi batuan vulkanisnya yang sudah ada sejak 240 juta tahun lalu.

Buat penggemar wisata bahari, bisa berkunjung ke Kepulauan Mersing yang punya 72 pulau di dalamnya, dan 13 di antara pulau tersebut telah menjadi Taman Nasional Maritim.

Baca juga: Health Tourism Sebelum dan Saat Pandemi di Malaysia, Tawarkan Alam serta Paket Check Up

Berikutnya ada Kebun Buah Desaru yang di dalamnya terdapat sekitar 100 jenis buah. Kamu bisa menyicipi durian dan mangga di tempat ini.

Bila ingin berbelanja, Johor juga punya beragam tempat belanja. Di antaranya ZON Johor Baru, Plaza Kotaraya, Kompleks Lien Hoe, Plaza Pelangi, Danga City Mall, dan AEON Bukit Indah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com