Kompas.com - 05/11/2022, 08:05 WIB

KOMPAS.com - Havana Hills di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, ini cocok menjadi tempat rekreasi keluarga saat akhir pekan. Mengusung konsep outdoor area (area luar ruangan), Havana Hills punya sederet atraksi seru untuk dicoba.

Pengunjung harus membeli tiket terlebih dulu di lokasi agar bisa masuk ke tempat wisata ini. Harganya mulai Rp 15.000 per orang. Mereka juga harus membayar biaya tambahan di beberapa atraksi berbayar lainnya.

Baca juga: Havana Hills, Wisata Baru di Cilacap Berkonsep Outdoor untuk Keluarga

Misalnya, untuk mencoba Bioskop VR, pengunjung harus merogoh kocek mulai Rp 15.000 pada hari Senin-Jumat, serta Rp 20.000 pada hari Sabtu dan Minggu.

Kemudian ada pula wahana perosotan pelangi, yang biayanya mulai Rp 15.000, playground anak yang dikenakan tarif mulai Rp 15.000, wahana ATV dengan tarif mulai Rp 25.000, dan camping ground dengan tarif mulai Rp 50.000 per orang per malam.

Baca juga: 5 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah, Mana yang Sudah Kamu Daki?

"Camping ground tarifnya Rp 50.000 per orang untuk orang dewasa, untuk anak-anak di bawah 90 cm masih gratis, itu udah termasuk tenda dan matras, tapi belum termasuk tiket masuk, camping tersedia setiap hari," terang Digital Marketing Havana Hills, Isti, kepada Kompas.com, Kamis (3/11/2022).

Tips berkunjung ke Havana Hills Cilacap

Sebelum berkunjung ke Havana Hills, wisatawan dianjurkan mengetahui sejumlah tips berikut agar jalan-jalanmu nyaman dan menyenangkan.

1. Bawa topi, kacamata hitam, dan payung

Cuaca di wilayah ini cukup terik saat siang hari, sehingga pengunjung disarankan membawa pelindung kepala seperti payung dan topi.

"Karena siang cukup panas, kita rekomendasikan pengunjung harus pakai sunscreen (tabir surya), kacamata hitam, dan topi," kata Isti.

Meski begitu, pemandangan dari atas bukit saat cuaca cerah akan tampak bagus bila menjadi latar foto, karena memperlihatkan panorama yang menyeluruh.

Baca juga: Telaga Dringo di Banjarnegara, Ranu Kumbolo Jawa Tengah yang Indah

2. Pakai pakaian yang nyaman

Isti juga menyarankan pengunjung agar memakai pakaian yang nyaman saat berwisata.

"Kalau datang pagi, atau sore bisa bawa jaket karena udara cukup sejuk. Tapi kalau siang itu memang panas, jadi pakai baju yang nyaman saja," ujar dia.

Baca juga: 10 Mal Terkenal di Jawa Tengah, Semarang Paling Banyak

3. Pakai alas kaki yang rata

Isti mengimbau pengunjung agar tidak menggunakan sepatu hak tinggi atau heels jika mengunjungi Havana Hills karena kebanyakan rute terdiri dari anak tangga.

"Jangan pakai heels karena rute nya di sini bertangga, jadi disarankan pakai flat shoes atau sneakers," kata dia.

Selain itu, sehubungan dengan kondisi tersebut, maka Havana Hills juga tidak direkomendasikan untuk pengunjung lanjut usia lantaran dikhawatirkan mereka akan mudah lelah.

Baca juga: 26 Juta Wisatawan Kunjungi Jawa Tengah hingga Agustus 2022

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.