Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2022, 21:02 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Tak terasa sebentar lagi tahun 2022 akan berakhir. Apakah kamu sudah mempersiapkan rencana liburan akhir tahun? 

Liburan akhir tahun bisa menjadi cara untuk melepaskan penat akibat rutinitas selama satu tahun ke belakang. Selain itu, liburan akan memberikan semangat baru menghadapi tahun yang akan datang. 

Baca juga: 8 Tips Liburan Akhir Tahun agar Murah meski High Season 

Liburan pun tidak harus mahal, karena bisa dilakukan dengan melakukan hal-hal sederhana bersama teman dan keluarga. 

Ide liburan akhir tahun 

Kompas.com telah merangkum ide liburan akhir tahun dari sumber Indonesia Travel Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca juga: Harga Kamar Hotel Naik 15 Persen Saat Musim Liburan 

1.  Wisata alam 

Sebuah pepatah yang mengatakan bahwa alam memberikan ketenangan pada jiwa, sangat benar adanya. Jika kamu ingin melepaskan penat akibat rutinitas setahun belakangan, maka wisata alam menjadi pilihan tepat. 

Ada banyak destinasi wisata alam di Indonesia. Mulai dari Bali, Gili Trawangan, Labuan Bajo, Mandalika, Gunung Bromo, Banyuwangi, Yogyakarta, dan masih banyak lainnya. 

Kamu akan menemukan pantai berpasir putih, hamparan sawah hijau,  air terjun yang menyegarkan, dan lainnya. Setelah menikmati wisata alam, dijamin kamu akan kembali bersemangat menyambut tahun baru. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Destinasi Wisata Bali, Buat Liburan Akhir Tahun Tak Terlupakan

Panorama Pulau Padar. SHUTTERSTOCK/PRAWAT THANANITHAPORN Panorama Pulau Padar.

2. Wisata petualangan

Jika kamu pencinta kegiatan yang memicu adrenalin, maka cobalah wisata petualangan. Supaya makin seru, cobalah ajak teman-teman berpetualang bersama.

Banyak pilihan aktivitas liburan yang menguji nyali kamu. Sebut saja, paralayang, bungee jumping, panjat tebing, body surfing, kayak, flyboarding, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa bermain ski air di Uluwatu, Bali, atau terbang melintasi langit biru dengan menjajal parasailing di Tanjung Benoa, Bali.

Pilihan lainnya untuk menguji adrenalin adalah panjat tebing di Lembah Harau, Sumatera Barat atau menyusuri goa-goa di Yogyakarta. 

Baca juga: Liburan ke Banda Neira, Simak Panduan Lengkap Transportasinya

3. Wisata budaya dan sejarah

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya. Setiap daerah memiliki bahasa, budaya, adat istiadat, dan tradisi masing-masing yang menarik untuk dijelajahi. 

Jadi, mengapa tidak memanfaatkan liburan akhir tahun untuk menyelami kebudayaan Tanah Air? Ada beberapa museum, bangunan bersejarah, adat istiadat, tradisi, dan atraksi lokal yang bisa dipilih untuk mengisi liburan akhir tahun.

Kamu bisa megunjungi Candi Borobudur di Magelang, Candi Prambanan di Sleman, Keraton Surakarta, dan Museum Ullen Sentalu di Yogyakarta. 

Kemudian, Kampung Adat Ratenggaro di Sumba, Candi Uluwatu di Bali, Benteng Rotterdam di Makassar, dan Situs Purbakala Trowulan di Jawa Timur.

Baca juga: Asal Usul Candi Borobudur, Warisan Budaya yang Pernah Terbengkalai 

Tiket masuk Borobudur saat ini ditetapkan sebesar Rp 50.000, sementara harga tiket masuk Candi borobudur atau tiket Borobudur untuk anak adalah Rp 25.000.KOMPAS IMAGES / FIKRIA HIDAYAT Tiket masuk Borobudur saat ini ditetapkan sebesar Rp 50.000, sementara harga tiket masuk Candi borobudur atau tiket Borobudur untuk anak adalah Rp 25.000.

4. Belanja kerajinan tangan

Kegiatan belanja tentunya sangat menyenangkan bagi setiap orang. Namun, agar berbeda cobalah berbelanja berbagai kerajinan tangan asli daerah. 

Ada banyak pusat kerajinan yang tersebar di berbagai kota. Kamu bisa menemukan beragam suvenir, pernak-pernik, kerajinan tangan, barang antik, dan oleh-oleh khas daerah  untuk dibawa pulang.

Baca juga: 6 Taman di Surabaya, Tempat Liburan Murah Meriah

5. Wellness tourism 

Istilah wellness tourism masih terdengar asing bagi sebagian. Namun, seiring meningkatnya perhatian pada kesehatan mental, maka lahir aktivitas wellness tourism. 

Jenis wisata ini mengacu pada kegiatan-kegiatan yang memberikan kedamaian pada jiwa sehingga menunjang kesehatan mental dan emosional. 

Saat ini, telah muncul banyak destinasi wisata yang menawarkan wellness tourism. Misalnya, yoga, meditasi, hingga perawatan spa di Bali atau meditasi pada candi-candi di Yogyakarta. 

Baca juga: 11 Wisata Hits di Sentul, Cocok untuk Liburan dan Foto Instagramable

Ilustrasi yogaShutterstock Ilustrasi yoga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+