Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/01/2023, 11:59 WIB

KOMPAS.com – Ada satu tempat wisata ala Eropa yang bisa dikunjungi wisatawan di dekat Kota Solo.

Tempat wisata itu adalah Heritage Palace yang dulunya merupakan pabrik gula. Kini, pabrik gula lawas bergaya Eropa klasik ini diubah jadi tempat wisata instagramable

Diberitakan Kompas.com, Senin (2/1/2023), bangunan Heritage Palace merupakan bekas Pabrik Gula Gembongan peninggalan Kolonial Belanda yang didirikan 1899. Belas pabrik gula ini mulai dijadikan tempat wisata pada 9 Juni 2018.

Baca juga: The Heritage Palace: Harga Tiket, Jam Buka, dan Fasilitas 

Kini, wisatawan bisa menyaksikan keunikan spot foto tiga dimensi. Selain itu, ada museum transportasi yang berisi mobil antik dan wahana rumah terbalik.

Wisatawan bisa datang mulai pukul 09.00 WIB sampai 16.30 WIB. Pengunjung yang sudah masuk, tetap boleh menjelajah sampai 19.00 WIB.

The Heritage Palace Sukoharjo, Solo obyek wisata bangunan ala Eropa klasik yang merupakan bekas pabrik gula Dok. Instagram @theheritagepalace The Heritage Palace Sukoharjo, Solo obyek wisata bangunan ala Eropa klasik yang merupakan bekas pabrik gula

Untuk harga tiket masuknya, yakni Rp 30.000 per orang untuk bagian luar ruangan. Untuk dalam ruangan, Rp 55.000 saat hari kerja dan Rp 65.000 saat hari libur.

Rute ke Heritage Palace

Heritage Palace tepatnya berada di Honggobayan, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Meski berada di Kabupaten Sukoharjo, lokasi tempat ini tidak jauh dari Kota Solo. Dari Stasiun Purwosari, jaraknya hanya 6 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 15 menit saja.

Baca juga: Kebun Binatang Jurug di Kota Solo Akan Buka Lagi Akhir Januari 2023

Dari Stasiun Purwosari, pertama kamu harus ikuti jalan searah, kemudian putar balik di perempatan lampu merah untuk bisa naik ke Flyover.

Setelah itu, lurus terus ikuti jalan utama kota Solo ke arah barat. Terus lurus sampai melintasi Transmart Pabelan di kiri jalan.

Nanti di perempatan lampu merah setelah Transmart Pabelan, belok kanan. Terus saja, maka perjalananmu tiba di Heritage Palace.

Baca juga: Sejarah Loji Gandrung di Kota Solo yang Jadi Tempat Ngunduh Mantu Kaesang

Kamu bisa naik bus umum untuk ke sana, yakni bisa menggunakan Batik Solo Trans (BST) dan turun sekitar perempatan lampu merah, kemudian jalan kaki sampai Heritage Palace.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+