Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4,2 Juta Wisatawan Kunjungi Cirebon Sepanjang 2022

Kompas.com - 06/02/2023, 08:43 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Sebanyak 4,2 juta wisatawan mengunjungi Kota Cirebon, Jawa Barat, sepanjang tahun 2022, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Menurut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon, angka kunjungan ini sudah melampaui target yang ditetapkan, yakni 2,2 juta wisatawan.

Baca juga:

"Wisatawan yang datang ke Kota Cirebon pada tahun 2022 mencapai 4,2 juta jiwa," kata Kepala Disbudpar Kota Cirebon Agus Sukmanjaya di Cirebon, Sabtu (4/2/2023), seperti dikutip Antara.

Adapun kunjungan wisatawan ke Cirebon masih didominasi wisatawan lokal atau dalam negeri. Agus menyebutkan, daerah asal wisatawan terbanyak adalah dari Jabodetabek.

"Kota Cirebon masih didominasi wisata lokal, dan yang terbanyak dari daerah Jabodetabek, serta Bandung," kata Agus.

Baca juga: 4 Penginapan di Bawah Rp 100.000 Dekat Stasiun Cirebon

Ia menambahkan, peningkatan angka kunjungan dipengaruji salah satunya karena aturan terkait Covid-19 yang kian melonggar, sehingga masyarakat semakin leluasa untuk berkunjung.

Gerbang Alun-alun Kejaksaan Cirebon.SHUTTERSTOCK/MITRAN M Gerbang Alun-alun Kejaksaan Cirebon.
Agus berharap, peningkatan kunjungan wisatawan ke Cirebon dapat membantu perekonomian di kota tersebut kian membaik, sehingga semakin memberikan dampak positif terhadap warga.

Baca juga:

Salah satu upaya meningkatkan angka kunjungan wisatawan adalah dengan menggelar berbagai acara, baik yang sudah dijadwalkan maupun belum.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Pada tahun 2023 ini, misalnya, Pemerintah Kota Cirebon sudah menyiapkan 60 agenda wisata. Meskipun, belum seluruhnya selesai dikurasi.

"Pada tahun 2023 ini terget kunjungan 2,3 juta jiwa, dan kami sangat optimistis bisa terlampaui, untuk itu kami siapkan beragam agenda pariwisata baik skala lokal, nasional, maupun internasional," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com