Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2023, 18:38 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com – Bandar Udara Kertajati di Majalengka melayani penerbangan ke Kuala Lumpur, Malaysia pergi-pulang (PP) mulai Mei 2023, dengan maskapai yang dioperasikan oleh Maskapai AirAsia Berhard.

Penerbangan Kertajati-Kuala Lumpur dijadwalkan beroperasi dua kali dalam seminggu, mulai dari tanggal 17 Mei sampai 25 Oktober 2023.

“Ini jadi pertanda bahwa industri penerbangan Indonesia, terutama rute luar negeri sudah mulai pulih kembali sejak masa pandemi Covid-19,” ucap Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Kristi Endah Murni, seperti dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis, Jumat (31/3/2023).

Baca juga:

Adapun pengoperasian rute internasional ini didasarkan pada surat Penetapan Pelaksanaan Rute Penerbangan Luar Negeri yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan pada Kamis (30/3/2023).

Dibukanya penerbangan internasional di Bandara Kertajati diharapkan dapat meningkatkan sektor pariwisata dan menumbuhkan perekonomian di Jawa Barat.

Baca juga: 13 Wisata di Majalengka Jawa Barat, dari Curug hingga Terasering

Terkait operasional ini, Ditjen Hubud akan melakukan evaluasi realisasi penerbangan dan penggunaan slot time secara berkala selama periode Summer 2023.

"Selain aspek keselamatan dan keamanan, pelayanan terhadap penumpang  juga harus diperhatikan mulai dari pre-flight, in-flight, dan post flight,” ujar Kristi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com