Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Jangan Ada Kenaikan Tarif Masuk Wisata yang Membebani

Kompas.com - 10/04/2023, 13:17 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jelang libur Lebaran 2023 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memprediksi akan ada kenaikan tarif masuk di sejumlah tempat wisata.

Meski demikian, kata Sandiaga, kenaikan tarif harus disosialisasikan dengan pemerintah daerah dan asosiasi wisata setempat.

"Sekarang ekonomi masih dalam situasi yang belum sepenuhnya pulih. Jangan kita menaikkan tarif yang membebani masyarakat," kata Sandiaga dalam acara Weekly Press Briefing with Sandi Uno, Senin (10/4/2023).

Baca juga:

Sandiaga juga mengingatkan agar asosiasi wisata tetap fokus meningkatkan kualitas dan pelayanan yang lebih baik di tempat wisata.

"Diperhatikan betul kemampuan masyarakat yang sudah menabung ingin pulang ke kampung halaman, berwisata bersama keluarga, dan juga menginginkan berwisata dengan harga yang terjangkau," kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Pemulihan ekonomi pascapandemi

Sandiaga memprediksi keinginan masyarakat untuk pulang kampung dan berwisata pada momen Lebaran akan berdampak baik terhadap pemulihan ekonomi pascapandemi.

Termasuk salah satunya yaitu mencapai target 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara sepanjang 2023.

Baca juga:

Serta, tercapainya target perputaran ekonomi di angka Rp 100 triliun sampai Rp 150 triliun.

"Saya mengajak pelaku industri Parekraf memanfaatkan momen Lebaran 2023 untuk meningkatkan penjualan, omzet, memberikan wisata yang aman, nyaman, dan menyenangkan, serta membeli produk-produk kreatif lokal," pungkas Sandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com