Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Kunjungan ke Destinasi Wisata Diprediksi Naik 25 Persen

Kompas.com - 08/04/2023, 07:09 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kunjungan ke destinasi wisata selama momen libur Lebaran 2023 diprediksi meningkat sebesar 25 persen.

Sementara terkait pergerakan masyarakat, kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, diprediksi akan mencapai 133,8 juta orsng.

"Dari kacamata pariwisata, pergerakan masyarakat yang diprediksi mencapai 123,8 juta orang pada libur Lebaran tahun ini juga akan mendorong kunjungan ke sejumlah destinasi wisata," kaya Angela dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (7/4/2023).

Baca juga:

Dikutip dari laman Kompas.com, Senin (3/4/2023), guna menghadapi tingginya pergerakan masyarakat saat mudik Lebaran 2023, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengambil langkah antisipasi untuk menghindari kepadatan di lokasi tertentu.

Sandiaga mengarahkan, masyarakat yang mudik untuk berkunjung ke lokasi wisata terdekat dari jalur mudik.

"Supaya tidak menumpuk di satu titik, para pemudik diarahkan ke destinasi wisata seperti di Lampung maupun di Banten (khusus pemudik ke arah Sumatera)," kata Sandi dalam Weekly Press Briefing, Senin.

E-Booklet mudik

Mendukung persebaran pemudik, tahun ini Kemenparekraf juga merilis E-Booklet Mudik Jelajah Masjid #DiIndonesiaAja.

Dikutip dari laman Kompas.com (27/3/2023), buku digital ini berisi 27 daftar masjid yang tersebar di sepanjang empat jalur mudik, yaitu jalur Trans Sumatera, jalur Pantura, jalur Pansela, dan jalur Trans Jawa.

Baca juga:

Selain faktor destinasi wisata, transportasi, dan akomodasi, pengeluaran terbesar wisatawan selama libur Lebaran 2023 yaitu dari faktor makan dan minum.

Perputaran ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tahun ini diprediksi mencapai Rp 100 triliun hingga Rp 150 triliun.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dikutip dari laman Kompas.com (4/4/2023), target perputaran ekonomi ini muncul setelah melihat capaian perputaran ekonomi pada 2022 yang menghasilkan sekitar Rp 70 triliun.

Sandiaga berharap, momen kenaikan jumlah pemudik pada Lebaran 2023 dapat membangkitkan ekonomi daerah, terutama di sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) ekonomi kreatif dan kuliner.

"Setelah sampai di kampung halaman, bergeraklah ke destinasi-destinasi wisata setempat dan berkontribusi pada ekonomi lokal dengan cara mengonsumsi kuliner daerah dan produk-produk ekonomi kreatif lainnya," kata Sandiaga, dikutip dari laman Kompas.com (5/4/2023).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com