Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Opsi Transportasi Saat Wisata di Saudi, Ada yang Gratis

Kompas.com - 20/07/2023, 16:47 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wisatawan yang datang ke Arab Saudi tanpa grup wisata ataupun tanpa didampingi mitra perjalanan memiliki beberapa opsi transportasi yang bisa dipilih selama berada di Arab Saudi.

Mengetahui pilihan transportasi sebelum pergi ke sana dapat membantu melancarkan persiapan wisata.

"Ada beberapa pilihan transportasi, tapi kalau datang dalam bentuk grup wisata, saya menyarankan wisatawan untuk ikut dengan mitra perjalanan terkait," kata Country Manager South East Asia, Saudi Tourism Authority, Szahlin Ahmad kepada Kompas.com di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (19/7/2023).

Baca juga:

Berikut beberapa pilihan transportasi wisata di Arab Saudi yang direkomendasikan.

Transportasi wisata di Arab Saudi

1. Naik transportasi umum

Pilihan pertama bisa menggunakan transportasi umum, seperti bus maupun kereta. Menurut Shazlin, beberapa daerah seperti Riyadh menyediakan transportasi umum gratis.

"Sekarang ada transportasi gratis di Riyadh, jadi ada kereta yang menghubungkan antar kota di Riyadh," kata Shazlin Kompas.com saat pameran Umrah Travel Fair 2023 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (19/7/2023).

Selain itu ada pula bus gratis yang bisa ditumpangi untuk berpindah antarkota di Riyadh.

"Kalau yang pergi sendiri dan punya jiwa petualang, biasanya mereka tidak masalah akan naik bus ataupun kereta di Arab," katanya.

Baca juga:

Bila hendak naik kereta ataupun bus di Arab, khususnya di Riyadh, Shazlin mengatakan wisatawan bisa membeli kartu akses transportasi umum di bandara kedatangan.

2. Sewa kendaraan

At- turaif, wisata sejarah di Arab Saudi.Dok. Saudi Tourism Authority. At- turaif, wisata sejarah di Arab Saudi.

Opsi transportasi lainnya yaitu menyewa kendaran di Arab Saudi. Shazlin mengatakan, ada banyak jasa sewa kendaraan di Arab dengan tarif bervariasi, menyesuaikan dengan lama waktu sewa.

"Kalau mau menjelajahi daerah-daerah di sana (Arab), menyewa kendaaan sendiri menurut saya bisa jadi pilihan yang tepat," katanya.

Baca juga:

Ia melanjutkan, perkiraan tarif sewa kendaraan di Arab Saudi saat ini yakni sekitar 300 riyal (Rp 1,1 jutaan) hingga 400 riyal (Rp 1,5 juta) untuk satu hari sewa.

3. Taksi

Pilihan transportasi selanjutnya yaitu taksi. Di beberapa daerah, khususnya di Riyadh, taksi termasuk mudah ditemukan. Di Riyadh, mobil yang beropersi sebagai taksi biasanya berwarna hijau.

Khusus di Riyadh, tarif taksi yang berlaku yakni sekitar 2 riyal atau sekitar Rp 8.000 per kilometer. 

Jadi, kapan nih mau berwisata ke Arab Saudi?

@kompastravel Warga Jakarta Utara, tau nggak kalo masjid di kawasan Penjaringan ini usianya udah dua abad lho! Di sini ada makam pendiri masjid, Habib Husein bin Abubakar Alaydrus. Masjid yang kini berstatus bangunan cagar budaya ini tadinya hanya berupa surau, terus diubah menjadi masjid setelah Habib Husein wafat pada 1756. Siapa nih yang pernah mampir ke sini?? Share yuk di kolom komentar! #masjidluarbatang #masjidjakarta #wisatareligi #jktplacetogo ? original sound - Travel Kompascom
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com