Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Karakter Kekayaan Intelektual Hadir di Monas, Kenalkan Karya Bangsa

Kompas.com - 19/08/2023, 21:31 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Festival Karakter Kekayaan Intelektual (FKKI) by Pop Art digelar oleh Asosiasi Kreatif IP Indonesia (AIPI), bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta.

Festival ini merupakan pameran karakter intellectual property (IP) atau kekayaan intelektual pertama di Indonesia.

Mengusung tema "Urban Art Unleashed", FKKI digelar di Taman Monas Sisi Selatan, Jakarta Pusat, pada 19 Agustus sampai 3 September 2023.

Baca juga: Cara ke Monas Naik TransJakarta dari Tangerang

“Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat Indonesia bahwa kekayaan intelektual bukan hanya soal hak cipta," kata Kadisparekraf DKI Jakarta Andhika Permata saat pembukaan FKKI di Jakarta, Sabtu (19/8/2023).

Ia melanjutkan, kekayaan intelektual juga tentang bagaimana karya tersebut dapat memberikan inspirasi dan mendorong pertumbuhan industri kreatif di Indonesia

Sederet jenama kekayaan intelektual Tanah Air seperti Trungtung, Tickle Fickle, Fun Cican, Gugug!, Biklan, Kunokai, Mora & Olfi, Nomnomsters, Volt, Petir, Petualangan Sherina 2, Vernalta, Dalang Pelo, Balpil, dan Mice Cartoon, hadir di Taman Monas sisi selatan.

Pengunjung dapat berkenalan secara langsung dengan masing-masing karakter tanpa dikenai biaya. Selain itu, pihak penyelenggara juga menampilkan sebuah instalasi khusus yang terinspirasi dari Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dorong berkreasi dan rayakan kemerdekaan RI

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Asosiasi Intelektual Properti Kreatif Indonesia (AIPI) Erlan Arisandi Prabowo menuturkan harapannya agar Festival Karakter Kekayaan Intelektual (FKKI) ini bisa menghadirkan talenta muda berbakat.

“Festival ini diharapkan menjadi ajang interaksi antara kreator, stakeholder industri, dan masyarakat umum, serta menjadi platform bagi kreator muda untuk mengeksplorasi dan memperkenalkan karya-karya mereka,” kata Erlan.

Baca juga: Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Monas di Jakarta Terbaru, Agustus 2023

Selain menampilkan 15 jenama sebagai apresiasi, ia menjelaskan, FKKI juga bertujuan untuk mendorong munculnya kreator-kreator muda berbakat.

“Karakter-karakter di sini bisa memberikan inspirasi untuk menciptakan karakter yang tidak kalah dari karakter ikonik di dunia. Jadi tidak hanya mengapresiasi, tapi juga menginspirasi para kreator baru agar dapat berkreasi dan bersaing,” imbuhnya.

Festival Karakter Kekayaan Intelektual (FKKI) by Pop Art digelar di taman sisi selatan Monas, Jakarta Pusat, 19 Agustus-3 September 2023.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Festival Karakter Kekayaan Intelektual (FKKI) by Pop Art digelar di taman sisi selatan Monas, Jakarta Pusat, 19 Agustus-3 September 2023.

Dengan demikian, kata Erlan, generasi baru kreator Indonesia diharapkan terus berinovasi dan memberikan warna baru dalam kancah industri kreatif global.

Sementara itu, Andhika mengatakan bahwa kehadiran FKKI merupakan rangkaian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia.

“Ini sejalan dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Ada pameran karakter, di sini (Monas) juga ada video mapping, di Bundaran HI ada pertunjukan water sprint projection Kirana Nusantara,” ujar Andhika.

Baca juga: 8 Wisata Dekat Tugu Tani Jakarta, Ada Monas dan Sarinah

Ia pun mengundang masyarakat untuk datang dan menyaksikan kekayaan intelektual Indonesia, sekaligus merayakan kemerdekaan RI.

“Mari bersama-sama kita dukung dan apresiasi kreasi anak bangsa,” pungkas Andhika.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com