Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2023, 10:14 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Taman Lapangan Banteng di Jakarta Pusat saat ini merupakan salah satu ruang terbuka yang digemari warga Jakarta untuk menghabiskan waktu akhir pekan.

Lapangan ini menjadi salah satu spot menarik bagi masyarakat, baik untuk rekreasi, wisata edukasi, atau sekadar berbincang menikmati terbenamnya senja.

Usai direvitalisasi pada 2018, Taman Lapangan Banteng semakin ramai dikunjungi keluarga, sahabat, anak-anak, ataupun pasangan.

Baca juga: 5 Tips Berkunjung ke Flona 2023 di Lapangan Banteng, Datang Sore Hari

Sekitar tahun 1980-an taman ini sempat dipergunakan sebagai terminal bus untuk rute dalam dan luar kota, seperti dikutip dari laman Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

Pada 1993, fungsi Lapangan Banteng dikembalikan lagi sebagai ruang terbuka hijau kota. Taman Lapangan Banteng ditata secara bertahap dari tahun 2004 sebelum akhirnya disempurnakan pada 2007 dan direvitalisasi. 

Sebagai taman publik yang bisa dikunjungi gratis, Lapangan Banteng sering dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan seperti olahraga, tempat bermain, dan eksibisi luar ruangan, salah satunya event tahunan Pameran Flona. 

Taman ini ditanami berbagai jenis tanaman dari mulai pohon peneduh, pengarah, penghias, berbagai jenis palem dan tanaman hias lainnya. Jenis pohon di taman ini antara lain mahoni, angsana, salam, asem, dan kupu-kupu. 

Baca juga: 6 Aktivitas di Taman Wiladatika Cibubur, Nongkrong dan Olahraga

Lokasi dan jam buka Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng beralamat di Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Lapangan ini cukup dengan hotel Borobudur, Masjid Istiqlal, dan Gereja Katedral. Lokasinya termasuk strategis sehingga mudah ditemukan oleh masyarakat. 

Selain itu, dekat dari beberapa pemberhentian transportasi umum. Seperti Halte TransJakarta Juanda, Halte Lapangan Banteng, Stasiun KRL Juanda, dan MRT Bundaran HI. 

Taman Lapangan Banteng bisa dikunjungi setiap hari Senin hingga Minggu. Dikutip dari laman Instagram resminya (@lapanganbanteng.official), jam buka taman ini saat hari biasa (weekdays) adalah pukul 06.00-20.00 WIB, dan akhir pekan (weekend) pukul 06.00-21.00 WIB.

Baca juga: 5 Spot Foto di Taman Wiladatika Cibubur, Ada Kolam dan Area Anak

Fasilitas Taman Lapangan Banteng

Pada taman ini cukup banyak fasilitas atau sarana prasana yang bisa ditemukan. Mulai dari Tugu Pembebasan Irian Barat, plaza, kolam hias, aneka tanaman, bangku taman, dan jalan setapak.

Ada juga amphitheatre, area aparkir kendaraan, lapangan olahraga, area bermain anak, kamar mandi, tempat istirahat, hingga spot foto. 

@kompastravel Jalan dulu aja yuk ke Lapangan Banteng! Ada pameran Flona 2023 sampai tanggal 16 Oktober 2023. Di sini ada ragam stan mulai dari pameran sampai jualan. Lapangan banteng jadi super estetik. Habis ini aku spill ya rekomendasi spot foto di sini.. #jakartahits #explorejakarta #wisatajakarta #flona2023 ? Bubble Bubble - COZY CLOU:D
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com