Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Candi Mendut di Jawa Tengah: Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Kompas.com - 27/09/2023, 16:53 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Bila tengah berwisata ke Candi Borobudur di Jawa Tengah, sempatkanlah mampir ke Candi Mendut. Letak kedua candi tersebut saling berdekatan dengan jarak sekitar tiga kilometer (km).

Dikenal sebagai candi bercorak Buddha, Candi Mendut dikelilingi sejumlah gunung, antara lain Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing. 

Baca juga:

Dilansir dari laman Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (27/9/2023), pada tahun 1836 candi ini ditemukan dalam keadaan tertimbun tanah dan diselimuti semak belukar. 

Candi Mendut diperkirakan berusia lebih tua atau sezaman dengan Candi Borobudur, serta diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Raja Indra dari Dinasti Syailendra. 

Terbuat dari batu andesit dan bata, candi ini memiliki relief yang berisi ajaran agama Buddha. Hingga saat ini Candi Mendut pun kerap dikunjungi umat Buddha, serta menjadi lokasi upacara agama Buddha.

Baca juga:

Lokasi dan tiket masuk Candi Mendut

Stupa atas Candi Mendut ditutup terpal untuk antisipasi dampak abu vulkanik Gunung Merapi, Jumat (27/11/2020).KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Stupa atas Candi Mendut ditutup terpal untuk antisipasi dampak abu vulkanik Gunung Merapi, Jumat (27/11/2020).

Candi Mendut beralamat di Jalan Mayor Kusen, Sumberrejo, Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. 

Dikutip dari Tribun Travel, harga tiket masuk Candi Mendut mulai Rp 10.500 untuk pengunjung dewasa dan mulai Rp 5.500 untuk pengunjung anak. 

Tempat wisata sejarah ini umumnya ramai saat akhir pekan, serta kerap dikunjungi wisatawan mancanegara.

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com