Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Okupansi Hotel di Mandalika Jelang MotoGP 2023 Capai 95 Persen

Kompas.com - 27/09/2023, 22:56 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jelang ajang MotoGP Mandalika 2023 pada Oktober mendatang, tingkat okupansi hotel di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), telah mencapai 95 persen.

“Okupansi hotel sudah 95 persen, di beberapa daerah di Lombok, termasuk Mandalika,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB, Ni Ketut Wolini saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/9/2023).

Baca juga:

Keterisian hotel tersebut diperkirakan terus meningkat hingga balap motor internasional itu digelar mulai Jumat (13/10/2023) sampai Minggu (15/10/2023).

“Insyaallah mudah-mudahan ada penambahan dekat hari-H perlombaan. Kayaknya seperti tahun lalu, pengalaman kami tahun lalu seperti itu, habis juga semua akhirnya,” tambah dia.

Lebih lanjut, Wolini menyampaikan, beberapa hotel besar di kawasan dekat Sirkuit Mandalika atau Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika sudah memiliki okupansi hingga 100 persen, misalnya Pullman Lombok Merujani Mandalika Beach Resort.

Baca juga:

Bisa menginap di homestay

Ilustrasi matahari terbenam atau sunset di Pantai Kuta Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).Dok. Shutterstock/Armiyadi Ilustrasi matahari terbenam atau sunset di Pantai Kuta Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Namun, kata Wolini, untuk beberapa jenis penginapan lain, seperti homestay, dan beberapa penginapan di daerah yang relatif jauh dari Mandalika masih belum terisi penuh.

“Di sana (Lombok) masih ada homestay dan penginapan kecil,” kata dia.

Ia menjelaskan, Lombok memiliki empat kabupaten dan satu kota. Tingkat okupansi hotel yang sudah 93 persen, lanjut dia, ada di tiga daerah.

“Mandalika ada di Kabupaten Lombok Tengah, memang sudah 95 persen. Kota Mataram, dan Senggigi di Lombok Barat juga sudah 95 persen,” ujar Wolini.

Baca juga:

Adapun dua kabupaten, tepatnya Lombok Utara termasuk Gili dan Lombok Timur, lokasinya cukup jauh dari sirkuit sehingga saat ini okupansinya baru sekitar 30 persen.

Adapun bagi yang mencari penginapan yang berlokasi di dekat Sirkuit Mandalika, saat ini bisa memanfaatkan penginapan seperti homestay maupun sarhunta.

“Masih ada homestay (yang belum terisi),” pungkas Wolini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com