Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang MotoGP Mandalika 2023, 2 Maskapai Ajukan Tambah Penerbangan ke Lombok

Kompas.com - 20/09/2023, 10:04 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink direncakanakn akan menambah jadwal penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) jelang perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 13-15 Oktober 2023.

Total terdapat 18 penambahan penerbangan domestik yang diberlakukan untuk mendukung perhelatan tahunan tersebut.

Penerbangan didominasi rute Jakarta-Lombok, Surabaya-Lombok, dan Denpasar-Lombok.

"Maskapai Garuda mengusulkan 14 penambahan penerbangan dan Citilink empat penerbangan," kata General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Rahmat Adil Indrawan di Praya, Senin (18/9/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam di Lombok, ke Pantai hingga Sirkuit Mandalika

Menurut Rahmat, jadwal penambahan jadwal baru berlaku menjelang MotoGP Mandalika atau saat penonton mulai berdatangan.

Adapun saat ini, rute penerbangan domestik ke Lombok tersedia dari enam destinasi, yakni Jakarta, Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, Sumbawa, dan Bima.

Bantu dongkrak pariwisata

Pengajuan penambahan penerbangan diharapkan mampu membantu menaikkan angka kunjungan wisata ke NTB, khususnya Lombok.

Pebalap Marco Bezzecchi, Mooney VR46 Racing Team bersiap saat balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Marco Bezzecchi, Mooney VR46 Racing Team bersiap saat balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco.

Sebab, selain menonton gelaran MotoGP, para penonton juga akan singgah di sejumlah destinasi setempat.

"Tentu ini berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan ke NTB, karena selain menonton MotoGP mereka juga pasti akan mengunjungi destinasi dan mencoba mencari kuliner khas yang kita miliki," ujar Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaluddin Malady di Mataram, Selasa (19/8/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga:

Ia menambahkan, penambahan rute penerbangan ini juga merupakan salah satu upaya antisipasi lonjakan penumpang agar tidak terjadi penumpukan di bandara.

Hal ini berkaca pada penyelenggaraan World Superbike (WBSK) dan MotoGP Mandalika 2022, di mana jumlah penonton yang datang membeludak.

Adapun berdasarkan penelusuran tiket penonton, kebanyakan pengunjung berasal dari Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

"Bayangkan kalau penerbangannya sedikit tentu bisa menimbulkan masalah di Bandara, sementara penonton ini banyak dari Pulau Jawa," tuturnya.

Adapun tahun ini, kata Jamaluddin, target jumlah penonton MotoGP Mandalika adalah 71.000 orang, sesuai dengan jumlah lembar tiket yang terjual.

Baca juga: 4 Fakta Tradisi Bau Nyale di Lombok, Berawal dari Putri Mandalika

Namun, angka itu belum termasuk kru dan para pebalap, serta para tamu undangan, sehingga penambahan penerbangan ke Lombok dirasa sangat tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com