Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Jalur Rempah: Lokasi, Jam Buka, Harga Tiket

Kompas.com - 11/12/2023, 07:09 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengisi waktu luang atau libur akhir pekan salah satunya bisa dengan menambah pengetahuan soal Jalur Rempah melalui pamerannya.

Tak sekadar komoditas, Jalur Rempah menjadi bukti peninggalan artefak, catatan sejarah, keunikan budaya, hingga penyebaran agama di masa lampau.

“Di sini ada gambaran proses penyebaran rempah-rempah, yang jauh sebelum bangsa Eropa melakukan ekspedisi rempah ke wilayah Nusantara,” ujar Edukator Pameran Rempah, Junia, saat ditemui di lokasi, Minggu (10/12/2023).

Baca juga: Pameran Jalur Rempah Digelar di Jakarta, Cuma sampai 31 Desember

Pameran ini menghadirkan enam instalasi utama, yaitu Area Koleksi Jalur Rempah, Replika Bas Relief Borobudur, Herbarium Tanaman Rempah, Instalasi Peta Interaktif Jalur Rempah, Panel Aplikasi Rempah Internasional, dan Instalasi Interaktif Replika Kapal Borobudur.

Obyek yang ditampilkan dalam pameran berjumlah 35 buah. Di antaranya prasasti dan mata uang kuno, yang berkaitan dengan rempah-rempah di Nusantara.

Panduan ke Pameran Jalur Rempah

Lokasi dan jam buka

Pameran Jalur Rempah digelar di Museum Kebangkitan Nasional, yang beralamat di Jalan Abdul Rachman Saleh No.26, Senen, Kota Jakarta Pusat.

Pameran ini diselenggarakan selama kurang lebih tiga minggu, tepatnya pada 9 Desember hingga 31 Desember 2023.

“Pameran Jalur Rempah digelar setiap hari. Untuk weekdays Senin-Jumat pukul 10.00-16.00 WIB, sedangkan weekend 11.00-21.00 WIB,” kata Junia.

Baca juga: Sejarah Museum Bahari, Dulunya Gudang Rempah Milik VOC

Selama pameran digelar, ia menyampaikan bahwa Museum Kebangkitan Nasional ikut dibuka setiap Senin.

Harga tiket Pameran Jalur Rempah

Bagian dalam ruang Pameran Jalur Rempah di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat, pada 9-31 Desember 2023. Para pengunjung melihat-lihat koleksi pameran Jalur Rempah pada hari Minggu (10/12/2023).KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Bagian dalam ruang Pameran Jalur Rempah di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat, pada 9-31 Desember 2023. Para pengunjung melihat-lihat koleksi pameran Jalur Rempah pada hari Minggu (10/12/2023).

Untuk mengunjungi pameran ini, masyarakat dapat membeli tiket ke Museum Kebangkitan Nasional, karena lokasinya ada di dalam area museum.

Tiket masuk pengunjung anak mulai dari Rp 500 per orang jika datang bersama rombongan, dan mulai dari Rp 1.000 per orang jika datang perorangan.

Baca juga: Beragam Cara Menuju Desa Negeri Hila Maluku, Titik Nol Jalur Rempah

Sedangkan tiket masuk pengunjung dewasa mulai Rp 1.000 per orang jika datang rombongan, dan mulai dari Rp 2.000 per orang jika datang sendirian.

Tiket masuk pameran bisa dibeli secara online (daring) maupun langsung di tempat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com