Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Wisata Unggulan Kepulauan Riau, Bantu Pariwisata Pulih Cepat Pasca-pandemi

Kompas.com - 11/01/2024, 17:12 WIB
Hadi Maulana,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa Kepulauan Riau memiliki tiga wisata unggulan yang tidak semua daerah di Indonesia miliki.

Hal itu yang disebutkan membuat peningkatan pariwisata di Kepri cukup maju pasca pandemi Covid-19 yang melanda hingga seluruh dunia.

“Kepri ini unik, karena berdekatan dengan Singapura, tentunya ada tiga wisata unggulan yang ada di Kepri," kata Sandiaga Uno Kemarin, saat menghadiri kegiatan Big Bazaar dan Jajan Bareng Mas Menteri di Grand I Hotel Batam.

"Selain alamnya yang sangat luar biasa, Kepri juga unggul di wisata kuliner dan belanja,” jelasnya. 

Baca juga:

Menparekraf menyebut, banyak wisatawan yang datang selain untuk menikmati alam Kepri juga untuk bersantap kuliner khas Kepri.

“Kuliner ini menjadi alasan dari 63 persen wisatawan dalam berwisata, 50 persen setelah itu pilih berbelanja," jelas Sandiaga Uno.

Kuliner khas daerah menjadi keunggulan lain dalam pariwisata, karena wisatawan yang datang ke Batam pasti akan membawa oleh-oleh makanan khas setempat.

Ilustrasi gonggong, makanan laut khas Kepulauan Riau.Kompas.com/ Hadi Maulana Ilustrasi gonggong, makanan laut khas Kepulauan Riau.

“Karena itu promosi kuliner juga penting, tidak hanya itu, mereka juga akan membawa oleh-oleh,” sebut Sandiaga Uno.

Lebih jauh, ia mengatakan, potensi tersebut sudah terbentuk dan pasarnya sudah ada untuk Kepri.

Maka Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah akan terus mendung para pelaku UMKM dengan memberikan pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan nilai tambah usahanya.

“Pemerintah pusat dan pemerintah provinsi juga akan terus mendampingi termasuk memberikan permodalan sebagai bagian dari pemberdayaan para pelaku UMKM yang ditargetkan mampu membuka lapangan kerja baru hingga 4,4 juta di tahun 2024,” pungkas Sandiaga Uno.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com