Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Djakarta Ramadan Fair 2024 Digelar Hingga 20 Maret 2024

Kompas.com - 17/03/2024, 20:49 WIB
Silvita Agmasari

Editor

KOMPAS.com - Djakarta Ramadan Fair 2024 digelar di Lapangan Banteng, Jakarta, mulai 15 hingga 20 Maret 2024. 

"Saya mengapresiasi kolaborasi dari Forum Pemuda Betawi dan Pemprov DKI Jakarta dalam penyelenggaraan acara ini yang akan memberi motivasi dan inspirasi masyarakat. Karena mencintai budaya juga mencintai pariwisata," kata Menparekraf Sandiaga Uno pada acara pembukaan, Jumat (15/3/2024).

DJakarta Ramadan Fair 2024” menghadirkan festival kuliner Ramadan sebagai sajian utama. Di acara ini para pengunjung akan dimanjakan dengan hidangan khas bulan suci mulai dari hidangan berbuka puasa tradisional hingga hidangan penutup yang lezat," kata Sandiaga dikutip dari siaran pers. 

Pengunjung dapat menikmati hidangan seperti ketupat, opor ayam, sate, kolak, kue-kue tradisional, dan banyak lagi. 

Baca juga:

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menjelajahi variasi makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia yang terinspirasi oleh tradisi Ramadan.

Selain festival kuliner, DJakarta Ramadan Fair juga menawarkan bazaar Ramadan yang menghadirkan berbagai produk terkait Ramadan, seperti pakaian tradisional, kerajinan tangan, hiasan rumah, perhiasan, dan masih banyak lagi. 

Selama DJakarta Ramadan Fair, pengunjung juga akan disuguhi berbagai hiburan dan kegiatan menarik. Pertunjukan musik tradisional, pentas seni, dan acara panggung akan menghibur pengunjung dan menciptakan atmosfer yang meriah. 

Pengunjung membeli makanan yang dijual di Djakarta Ramadan Fair 2024. Dok. Kemenparekraf Pengunjung membeli makanan yang dijual di Djakarta Ramadan Fair 2024.

Selain itu, akan ada pula kegiatan seperti lomba-lomba menarik, kelas memasak, dan kegiatan sosial yang melibatkan masyarakat setempat.

"Acara ini juga akan mendukung pergerakan wisatawan nusantara pada momen libur lebaran kali ini yang berpotensi mencapai 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebesar 193,6 juta orang," kata Menparekraf Sandiaga. 

Ketua Umum Forum Pemuda Betawi, Geraldi Aldi Bangsawan, mengatakan Djakarta Ramadhan Fair 2024 digelar untuk memeriahkan bulan suci Ramadan sekaligus menjadi ajang silaturahmi masyarakat Jakarta. 

Baca juga: 9 Makam Wali Songo di Indonesia, Lokasi Wisata Religi Saat Ramadhan

Acara ini dirancang untuk memberikan pengalaman tak terlupakan bagi warga Jakarta dan pengunjung dari berbagai daerah dalam merayakan momen yang istimewa ini.

"Acara ini merupakan inisiasi dari Forum Pemuda Betawi, ini adalah kegiatan yang diharapkan dapat menyentuh langsung masyarakat," kata Geraldi. 

Ia menjelaskan pameran ini digelar di Lapangan Banteng karena lokasi strategis dan mudah dicapai oleh masyarakat. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com