Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai Ini Tawarkan Layanan Kursi Tengah Kosong, Segini Tarifnya

Kompas.com - 17/03/2024, 18:19 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan asal Amerika Serikat, Frontier Airlines, menyediakan opsi kursi tengah kosong di pesawat demi kenyamanan penumpang.

Namun demikian, bila ingin mengosongkan kursi tengah di pesawat ini, penumpang akan dikenakan biaya tambahan.

Dilansir dari Fox Business, penumpang bisa menggunakan tempat duduk bernama UpFront Plus mulai 10 April 2024.

UpFront Plus akan memberi ruang ekstra dan sandaran individual bagi penumpang. Tarifnya mulai dari 49 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 766.000 per penumpang.

Biaya mengosongkan kursi tengah pesawat itu hanya berlaku selama periode promo untuk penerbangan pada 10-30 April 2024, dengan pembelian tiket pesawat maksimal pada 20 Maret 2024.

“Banyak konsumen lebih memilih tempat duduk yang menawarkan ruang ekstra saat terbang,” kata Barry Biffle, CEO Frontier Airlines, seperti dikutip Fox Business.

Menurut Frontier, pelanggan akan menikmati kursi dekat jendela atau lorong dengan ruang kaki ekstra dan jaminan kursi tengah.

“UpFront Plus adalah pilihan tepat bagi mereka yang menginginkan ruang pribadi yang lebih luas dan kenyamanan ekstra," ujar dia.

Baca juga:

Pendapat warganet

Dikutip dari New York Post, Frontier Airlines dikenal sebagai maskapai penerbangan dengan tarif terjangkau.

Frontier Airlines mengenakan tarif 40 dolar AS atau Rp 625.000 untuk penerbangan jarak jauh, yang disebut lebih rendah daripada maskapai lainnya.

Itu sebabnya, muncul kekhawatiran mengenai penjualan layanan baru untuk mengosongkan tarif tengah pesawat, di tengah banyaknya penumpang yang memilih maskapai ini demi menghemat biaya perjalanan.

Ilustrasi Frontier Airlines.Shutterstock/Markus Mainka Ilustrasi Frontier Airlines.

Sebelumnya, diskusi mengenai kursi tengah di pesawat juga ramai di media sosial. 

Diskusi ini muncul karena penumpang kursi tengah pesawat, dari tiga deret kursi, sering kali dianggap paling rugi.

Sebab, penumpang di kursi dekat jendela bisa menikmati pemandangan selama perjalanan, juga penumpang di kursi dekat lorong yang lebih leluasa menggerakan kaki dan tangannya di ruang kosong.

Sementara itu, penumpang kursi tengah pesawat memiliki pergerakan terbatas dan dianggap sebagian orang lebih berhak menggunakan kedua sandaran tangan. 

Sebanyak 52,9 persen berpendapat bahwa penumpang di kursi tengah tidak harus menggunakan dua sandaran tangan, sementara 47,1 persen lainnya setuju bahwa penumpang tengah boleh menggunakan kursi tengah pesawat.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com