Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Enam Kluster Wisata Jateng

Kompas.com - 07/01/2015, 08:08 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi terus mengembangkan kluster wisata di setiap wilayah Jawa Tengah.

"Pengembangan kluster wisata ini terus kami kembangkan dengan harapan semakin banyak masyarakat luar daerah yang tertarik untuk berkunjung di Jawa Tengah, dengan demikian jumlah wisatawan terus tumbuh positif," kata Kepala Dinbudpar Jateng Prasetyo Aribowo di Semarang, Senin (5/1/2014).

Enam kluster wisata yang saat ini sedang dikembangkan oleh Pemprov Jateng yaitu Nusakambangan-Baturaden, Borobudur-Dieng, Solo-Sangiran, Tegal-Pekalongan, Semarang-Karimunjawa, dan Rembang-Blora.

Menurutnya, masing-masing kluster ini memiliki keunikan berbeda yang dipastikan bisa menarik perhatian para penyuka wisata. Beberapa jenis wisata yang ditawarkan mulai di antaranya wisata religi, wisata belanja, dan wisata sejarah.

"Kalau secara nasional sebetulnya Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang banyak disukai masyarakat, bahkan beberapa destinasi wisata Jateng masuk di kluster nasional," katanya.

Empat kluster wisata nasional yang terdapat destinasi wisata Jawa Tengah yaitu Borobudur-Yogyakarta, Semarang-Karimunjawa, Solo-Sangiran, dan Nusakambangan-Pangandaran.

Sementara itu, beberapa upaya pengembangan destinasi wisata tersebut di antaranya mengembangkan atraksi kebudayaan lokal, melalui keberadaan desa wisata unggulan, dan pengembangan potensi MICE terutama Semarang, Solo, Magelang, dan Purwokerto.

"Kami juga berupaya untuk segera merealisasikan pengembangan obyek wisata Jateng Park," katanya.

Melalui berbagai pengembangan tersebut, pihaknya menargetkan pada tahun ini jumlah wisatawan lokal mencapai 29.218.463 pengunjung dan wisatawan asing mencapai 400 ribuan pengunjung.

Sebelumnya, pada kurun waktu dari Januari-November tahun lalu jumlah wisatawan mancanegara mencapai 408.616 pengunjung dengan prediksi hingga akhir tahun mencapai 420.119 pengunjung, sedangkan jumlah wisatawan lokal untuk kurun waktu yang sama realisasinya mencapai 23.106.818 dengan prediksi hingga akhir tahun mencapai 27.850.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com