Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cita Rasa Istanbul untuk Berbuka Puasa

Kompas.com - 04/07/2014, 14:30 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbagai pilihan untuk menu berbuka puasa mulai ramai. Tempat satu ini misalnya, bisa menjadi rekomendasi yang cocok untuk keluarga dan teman dekat. Selama Ramadhan tepatnya 28 Juni hingga 27 Juli mendatang, Four Seasons Hotel Jakarta menyiapkan pengalaman Ramadan yang tak biasa.

Di restoran Seasons Café yang terletak di hotel tersebut tahun ini mempersembahkan tema "Taste of Istanbul" untuk menu berbuka puasa. Anda bisa menikmati beragam sajian khas Turki dengan konsep prasmanan all you can eat, seharga Rp 318.000 (++) sudah termasuk minuman non alkohol.

Detik-detik sebelum berbuka, tamu akan dihidangkan tajil berupa kolak dan teh manis hangat. Setelahnya, tamu dapat menikmati sajian khas Turki yang disiapkan oleh Chef Zeki Dogan. Ia khusus dari Four Seasons Istanbul di Bosphorus. Untuk menu pembuka mulailah dengan mencoba jus kurma yang menyegarkan dengan kue-kue manis yang disediakan.

Setelahnya, Anda juga dapat mencicipi roti pita. Roti pita dapat disandingkan dengan aneka saus. Saus tersebut antara lain Kisir, Cacik, dan Hummus. Kisir bercita rasa tomat. Cacik berbahan dasar yoghurt. Sedangkan Hummus terbuat dari kacang chickpea.

Jangan lupa cicipi Dolma, yaitu nasi yang dibungkus dengan daun anggur dan diisi sayuran. Tersedia pula makanan khas Turki yang sudah familiar di lidah orang Indonesia yaitu Kebab.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Menu Buka Puasa ala Turki di Cafe Seasons, Four Seasons Hotel

Kalau sudah puas menikmati makanan-makanan tersebut, sekarang saatnya mencicipi makanan utama. Anda bisa memilih nasi gurih dengan campuran kacang Arab. Lauknya kebanyakan adalah daging sapi dan kambing.

Begitu menuju meja prasmanan, aroma daging mendominasi hingga mampu memancing selera makan. Selain daging, masih ada Grouper Buhulama yaitu ikan kerapu yang dikukus dan disajikan dengan jeruk lemon. Sensasi asam saat mengunyah ikan dibarengi dengan irisan lemon begitu cocok dengan nasi gurih tadi. Selain itu, juga ada aneka daging panggang. Tentu saja daging kambing panggang menjadi menu favorit.

Puas dengan aneka makanan tadi, tak lengkap bila tak menutupnya dengan pencuci mulut. Aneka mousse cake beragam rasa bisa dicoba. Selain itu juga terdapat aneka puding, seperti puding karamel. Salah satu yang unik dan layak dicoba adalah Keskul yaitu puding susu dengan rasa kelapa yang disajikan dengan kuah sirup.

Satu lagi yang sayang jika tak dicoba adalah Baklava. Makanan ringan tradisional ini populer di daerah-daerah bekas kekuasaan Kesultanan Ottoman Turki. Rasanya sangat manis dan sedikit garing, cocok sebagai hidangan penutuo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com