Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulang Tahun, Museum Nasional Gelar Festival

Kompas.com - 24/04/2015, 16:10 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada ulang tahun ke-237, Museum Nasional menyelenggarakan festival dengan beragam acaraselama 35 hari mulai tanggal 21 April-25 Mei 2015. Di dalam festival dimeriahkan beragam acara mulai dari lomba gerak jalan, peragaan busana anak, paduan suara, film pendek, workshop mainan, permainan tradisional, sampai bazaar.

"Acara tersebut diharapkan dapat memperkenalkan budaya Indonesia. Selain itu dapat memperkuat budaya sebagai jati diri bangsa," kata Seksi Promosi Museum Nasional, Oting Rudi Hidayat kepada KompasTravel, Jumat (24/4/2015).

Gelaran acara tersebut, menurut Oting, juga berkolabarasi dengan berbagai komunitas. Peran komunitas ia tekankan dalam mengenalkan museum sebagai lembaga kebudayaan. "Kami bekerja sama dengan Komunitas Pencinta Museum Indonesia dan Komunitas Jelajah Budaya," ujarnya.

Salah satu rangkaian acara ulang tahun Museum Nasional adalah Pekan Budaya Dayak. Acara tersebut berisi kesenian tradisional Dayak, Tari Enggang, dan workshop pakaian tradisional.

"Acara tersebut dari tanggal 27-30 April 2015," terangnya.

Selain Pekan Budaya Dayak, terdapat juga acara Akhir Pekan Museum Nasional yang menghadirkan teater musikal "Legenda Asmat" pada tanggal 26 April 2015. Pertunjukan diselenggarakan pada pukul 08.30, 09.30, dan 10.30 WIB.

Kegiatan lain juga turut hadir seperti Parade Topi Hias pada tanggal 3 Mei, tari daerah dari Abang-None Jakarta dan stand up comedy dengan tema sejarah pada tanggal 25 Mei, Lomba Gerak Jalan pada tanggal 17 Mei, dan berbagai lomba seperti film pendek dan paduan suara.

Penyelenggaraan festival akan mengambil tempat di Museum Nasional, Jakarta. Museum ini terletak di Jalan Medan Merdeka Nomor 12, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Selain karena dalam rangka ulang tahun, juga karena untuk memeriahkan Hari Museum Internasional yang jatuh pada 18 Mei 2015.

Museum Nasional memiliki koleksi-koleksi yang berasal dari nusantara dan luar negeri. Salah satu koleksi dari luar negeri yang ditemukan di bumi nusantara yaitu keramik. Keramik-keramik tersebut merupakan bukti otentik tentang hubungan luar negeri antara Indonesia dan negara kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com