Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras Serta Petir di Gunung Gede Hambat Pendakian Willem Sigar

Kompas.com - 23/05/2016, 21:58 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

CIANJUR, KOMPAS.com - Hujan deras, Senin (23/5/2016) malam di kaki Gunung Gede menghambat pergerakan pendaki gunung maraton solo Willem Sigar Tasiam (58). Pendakian Willem terlambat selama satu jam.

"Hujan besar gini mending nunggu reda. Jangan dipaksa jalan," kata Willem di Pos Gede Pangrango Operation (GPO), Cianjur, Jawa Barat.

Hujan deras mulai turun pada pukul 18.10 WIB. Sempat mereda selama 15 menit, hujan disertai petir kembali turun.

KompasTravel yang mengantar Willem sampai Pos GPO, berteduh selama satu jam hingga pukul 19.30 WIB. Kilatan petir terus terdengar.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Pendaki gunung maraton solo Willem Sigar Tasiam (58) memulai pendakian Gunung Gede-Pangrango via Jalur Gunung Putri, Cianjur, Jawa Barat, Senin (23/5/2016) malam.
Setelah satu jam, tepat pukul 19.30 WIB, Willem memulai pendakian Gunung Gede-Pangrango. Ia dijadwalkan turun pada Selasa (24/5/2016) pukul 09.00 WIB. "Ini pasti menginap di atas. Pagi besok turun," jelasnya.

Sebelum tiba di Puncak Gunung Gede di ketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut (mdpl), Willem akan melewati lima pos. Lima pos tersebut adalah Legok Leunca, Buntut Lutung, Lawang Seketeng, Persimpangan Maleber, dan Alun-Alun Suryakencana.

Untuk menuju Puncak Pangrango di ketinggian 3.019 mdpl, Willem akan melewati Puncak Gunung Gede, turun ke Pos Kandang Badak, dan tiba di Puncak Gunung Pangrango. Ia akan turun di Pos Pendakian Jalur Cibodas.

Sebelumnya, Willem telah mendaki Gunung Rakutak. Sejauh ini, Willem telah mendaki 35 gunung dari total target 50 gunung. Dengan menyelesaikan pendakian Gunung Gede-Pangrango, Willem akan mengantongi jumlah 37 gunung yang telah didaki.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Pendaki gunung maraton solo Willem Sigar Tasiam (58) berkaus biru di pos awal pendakian Gunung Gede-Pangrango via Jalur Gunung Putri, Cianjur, Jawa Barat, Senin (23/5/2016) malam.
Ikuti kisah perjalanan Willem Sigar di liputan khusus Kompas.com pada laman "Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari". Tim Kompas.com akan mengikuti perjalanan pendakian Willem mendaki 50 gunung secara maraton dalam 40 hari.

Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com