Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2017, 16:00 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Nam Air membuka rute Bandung-Pangkalpinang dan Pangkalpinang-Bandung. Rute tersebut resmi mulai beroperasi mulai 14 Desember 2017.

Senior Manager Corporate Communications Sriwijaya Air Group, Agus Soedjono mengatakan, pembukaan dua rute baru tersebut dilakukan karena melihat potensi pasar yang cukup tinggi di wilayah masing-masing. Selain itu, pembukaan rute juga dilatari adanya permintaan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

”Bandung dan Pangkaipinang sama-sama memiliki destinasi wisata dengan nuansa yang unik. Keduanya memiliki peranan strategis dalam pengembangan masing-masing daerah," ujarnya di Bandung, Jumat (15/12/2017).

(Baca juga : Sriwijaya dan NAM Air Permudah Wisatawan ke Raja Ampat)

Agus menjelaskan, Bandung terkenal dengan wisata alam pegunungan, wisata belanja, kuliner, kota kreatif. Sedangkan pariwisata Pangkalpinang saat ini terus mengalami pertumbuhan, khususnya wisata Iaut dan pantai.

"Siapa yang tidak mau jalan-jalan ke Bandung?" tuturnya.

Nam Air rute Jakarta Banyuwangi mendarat pertama kali di Bandara Blimbingsari Jumat (16/6/2017)KOMPAS.COM/Ira Rachmawati Nam Air rute Jakarta Banyuwangi mendarat pertama kali di Bandara Blimbingsari Jumat (16/6/2017)

Penerbangan Bandung-Pangkalpinang, sambung Agus, dilakukan sehari sekali pada pukul 19.40 WIB dan akan tiba di Pangkalpinang pukul 20.50 WIB. Jadwal ini disesuaikan dengan otoritas bandara di Bandung.

Sedangkan penerbangan dari Pangkalpinang menuju Bandung akan diberangkatkan pada 19.30 WlB dan tiba di Bandung pada 20.40 WIB. Harganya berkisar dari Rp 750.000-1 juta. Meski harga di bawah Rp 1 juta, tetapi Nam Air memberikan makanan dalam perjalanannya.

(Baca juga : NAM Air Layani Penerbangan Jakarta-Banyuwangi)

"Hari-hari biasa okupansinya 85 persen, di musim libur ini ditargetkan naik 5-10 persen. Segmen penerbangan ini menyasar wisatawan, pelajar, dan pemerintahan," ucapnya.

Kelebihan lain dari penerbangan ini, sambung Agus, adalah penghematan waktu. Jika selama ini orang yang akan ke Pangkalpinang harus ke Jakarta dulu maka kini bisa langsung Bandung.

"Lalu lintas Bandung-Jakarta padat. Bahkan ada yang sampai 5 jam (Bandung-Jakarta)," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com