Sriwijaya dan NAM Air Permudah Wisatawan ke Raja Ampat - Kompas.com

Sriwijaya dan NAM Air Permudah Wisatawan ke Raja Ampat

Kompas.com - 17/10/2017, 10:08 WIB
Peserta media famtrip dari Perancis yang diundang Kementerian Pariwisata di Pianemo, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (5/5/2016). Untuk melihat panorama bahari ini, wisatawan harus menaiki 320 anak tangga, sebelum akhirnya rasa capek terbayar begitu melihat keindahan Pianemo dari atas bukit.KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Peserta media famtrip dari Perancis yang diundang Kementerian Pariwisata di Pianemo, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (5/5/2016). Untuk melihat panorama bahari ini, wisatawan harus menaiki 320 anak tangga, sebelum akhirnya rasa capek terbayar begitu melihat keindahan Pianemo dari atas bukit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Keinginan wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara mengunjungi tempat-tempat wisata eksotis di Papua kini semakin mudah.

Pasalnya, mulai 21 Oktober 2017, Sriwijaya Air Group yakni Sriwijaya Air dan NAM Air akan membuka rute penerbangan ke Raja Ampat, destinasi wisata tujuan turis di ujung timur Indonesia.

Penerbangan ke Raja Ampat tersebut akan bisa dilayani dari kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang dan Makassar.

(BACA: Apa Rasanya Makan Ulat Sagu Hidup-hidup di Raja Ampat?)

"Pembukaan penerbangan ke Raja Ampat ini demi memuaskan dahaga masyarakat Indonesia dan internasional untuk mengunjungi tempat wisata eksotis di wilayah kepala burung Papua. Selain itu juga untuk memudahkan masyarakat di wilayah tersebut bepergian ke wilayah lain di Indonesia. Dengan penerbangan Sriwijaya Air Group ini, akses dari dan menuju Raja Ampat akan lebih cepat," kata Senior Corporate Communications Manager Sriwijaya Air Group, Agus Soedjono dalam siaran pers, Senin (16/10/2017).

(BACA: Ini Cara Agar Wisata ke Raja Ampat Tidak Mahal)

Lewat penerbangan ini, Agus berharap dapat lebih menggairahkan sektor pariwisata nasional. Baik itu dengan mendatangkan wisatawan domestik maupun internasional ke Papua.

Pesawat ATR 72-600 NAM Air.ARSIP SRIWIJAYA AIR GROUP Pesawat ATR 72-600 NAM Air.
"Sektor pariwisata menjadi ujung tombak pemerintah dalam meningkatkan perekonomian daerah dan nasional. Sriwijaya Air Group mendukung program-program pemerintah dengan membuka penerbangan ke berbagai tempat wisata potensial di tanah air," kata Agus.

Selain ke Raja Ampat, pada waktu yang sama Sriwijaya Air Group juga akan membuka penerbangan ke beberapa tempat yang tidak kalah penting di Papua, yaitu ke Fak-fak dan Kaimana.

(BACA: Meski Sudah Dikenal Turis, Raja Ampat Tetap Berpromosi)

Menurut Agus, penerbangan ini akan dilayani dengan  integrasi dua maskapai yaitu Sriwijaya Air dan NAM Air. Semua penerbangan akan transit di Sorong dan kemudian akan dilanjutkan dengan menggunakan pesawat ATR 72-600 menuju Raja Ampat, Kaimana dan Fak-fak.

Untuk ke Raja Ampat, lanjut Agus, wisatawan dari Jakarta dapat berangkat memakai penerbangan Sriwijaya Air pada pukul 09.40 WIB, 21.45 WIB, 22.20 WIB, dan 23.05 WIB via Makassar dan Sorong.

Para peserta Special Interest Diving Famtrip media Perancis undangan Kementerian Pariwisata di Pulau Friwen, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Rabu (4/5/2016).KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Para peserta Special Interest Diving Famtrip media Perancis undangan Kementerian Pariwisata di Pulau Friwen, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Rabu (4/5/2016).
Selanjutnya wisatawan menggunakan maskapai NAM Air yang berangkat pukul 00.05 via Sorong dan tiba di Raja Ampat pukul 08.05 WIT keesokan harinya.

Sementara wisatawan dari Surabaya dapat berangkat dengan menggunakan Sriwijaya Air pada pukul 20.20 WIB dan 21.25 WIB via Makassar dan Sorong. Penumpang tiba di Raja Ampat pada pukul 08.05 WIT keesokan harinya.

Wisatawan dari Yogyakarta dapat berangkat menggunakan Sriwijaya Air pada pukul 11.00 WIB, 20.55 WIB, dan 18.25 WIB via Jakarta, Makassar dan Sorong. Tiba di Raja Ampat pukul 08.05 WIT keesokan harinya.

Wisatawan dari Semarang dapat berangkat menggunakan Sriwijaya Air pada pukul 08.50 WIB, 12.20 WIB, via Jakarta, Makassar dan Sorong. Wisatawan bisa juga menggunakan NAM Air yang berangkat pukul 06.10 WIB, 17.05 WIB via Jakarta, Makassar dan Sorong.  

Para peserta Special Interest Diving Famtrip media Perancis undangan Kementerian Pariwisata di Pulau Friwen, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Rabu (4/5/2016).KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Para peserta Special Interest Diving Famtrip media Perancis undangan Kementerian Pariwisata di Pulau Friwen, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Rabu (4/5/2016).
Wisatawan dari Balikpapan dapat berangkat dengan menggunakan Sriwijaya Air pada pukul 09.20 WITA dan 17.45 WITA via Surabaya, Makassar dan Sorong.

Sedangkan wisatawan dari Makassar dapat berangkat dengan menggunakan Sriwijaya Air pada pukul 03.15 WITA dan 04.15 WITA, via Sorong. Dan akan tiba di Raja Ampat pada pukul 08.05 WIT keesokan harinya. (*)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorI Made Asdhiana

Close Ads X