Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2020, 08:27 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negari Uni Emirat Arab (UEA) mengumumkan perkembangan sejumlah kebijakan dan pencegahan penyebaran virus corona, Sabtu (14/3/2020).

Salah satu kebijakan tersebut adalah menghentikan pemberian semua jenis visa mulai Selasa (17/3/2020).

Melalui akun instagram @safetravel.kemlu, selain menghentikan visa, UEA juga akan menghentikan penerbangan ke Suriah, Irak, Turki, dan Lebanon.

Baca juga: Bagaimana Cara Starbucks Indonesia Cegah Virus Corona?

"Pemerintah UEA akan mengeluarkan daftar negara yang warganya wajib melakukan isolasi diri selama empat hari ketika memasuki UEA," tulis akun @safetravel.kemlu.

"Daftar tersebut akan diumumkan kemudian, dan dapat berubah sesuai perkembangan," lanjutnya.

Selain itu, bagi delegasi atau diplomatic corps yang sudah memiliki janji akan melakukan pertemuan dengan pejabat UEA akan dilakukan tes atau pemeriksaan 24 jam sebelumnya.

Baca juga: Imbauan Terbaru KBRI Singapura Terkait Kasus Virus Corona

Pada Minggu (15/3/2020), pemerintah UEA juga mengeluarkan kebijakan baru lainnya yaitu larangan ke pantai dan taman umum hingga akhir Maret.

Kemudian instruksi bagi pengelola tujuan wisata dan event organizer untuk menunda kegiatan yang sudah terencana antara Maret hingga April.

Adapun beberapa Warga Negara UEA juga telah menghentikan semua kegiatan olahraga, penutupan bioskop, kolam renang dan klub olahraga.

Baca juga: Update: Daftar 30 Tempat Wisata di Jakarta yang Tutup untuk Cegah Penyebaran Corona

Terkait penerbangan, maskapai penerbangan Etihad juga mengumumkan pengurangan penerbangan ke Indonesia sejak Minggu (15/3/2020).

"Semula dua penerbangan, menjadi hanya satu penerbangan sehari dari Abu Dhabi ke Jakarta," tulis akun @safetravel.kemlu.

Semua kebijakan dan langkah tersebut akan ditinjau secara periodik untuk diperpanjang atau dicabut atau diambil langkah-langkah baru jika diperlukan.

Baca juga: Cegah Virus Corona, NTB Tutup Sementara Pelayaran ke 3 Gili

Bagi kamu yang mengalami permasalahan selama berada di UEA dapat menghubungi hotline KBRI Abu Dhabi di +971-566-156259.

Ikuti peliputan dari hari ke hari tentang wabah ini dalam Liputan Khusus Wabah Virus Corona dan Indonesia Positif Terinfeksi Virus Corona di Kompas.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com