Cegah Virus Corona, NTB Tutup Sementara Pelayaran ke 3 Gili

Kompas.com - 16/03/2020, 20:12 WIB
Tiga Gili, NTB. dok.Ditjen Perhubungan Laut NTBTiga Gili, NTB.

JAKARTA, KOMPAS.com – Demi mencegah penyebaran virus corona ( Covid-19 ), aktivitas keluar masuk wisatawan di tiga gili dari Pelabuhan Pemenang dan Dermaga Senggigi ditutup.

Penutupan tersebut mulai efektif Selasa (17/3/2020) hingga dua pekan ke depan.

Kebijakan tersebut dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Pemenang Lombok Utara.

Baca juga: Kawasan Wisata Tiga Gili di Lombok Tutup Sementara untuk Cegah Corona

Langkah tersebut dilakukan menyusul adanya keputusan resmi Pemprov NTB yang menutup akses wisata mancanegara dari Bali ke Lombok.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Pelni Tunda Sementara Layanan Loket di Kantor Pusat

Kepala UPP Kelas II Pemenang, Heru Supriyadi, menuturkan bahwa langkah tersebut dilakukan sebagai tindaklanjut surat Kepala Dinas Perhubungan Pemprov NTB yang diterima per 16 Maret 2020.

“Sehubungan dengan hal tersebut, kami resmi menutup sementara Dermaga Senggigi dan Pelabuhan Pemenang, serta 3 Gili mulai besok (17/3/2020)”, tutur Heru melalui siaran pers yang Kompas.com terima, Senin (16/3/2020).

Baca juga: 7 Serba-serbi Berwisata di Tiga Gili Lombok Utara

Dengan menutup semua akses wisata menuju Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno, kebijakan penutupan akan dilakukan di dua titik.

Titik penutupan berada di Dermaga Senggigi dan Dermaga Bangsal dengan pemberian informasi ke semua kapal yang melayani penyeberangan dari Bali ke Lombok.

Tiga Gili, NTB.dok.Ditjen Perhubungan Laut NTB Tiga Gili, NTB.

Menurut Heru, hal tersebut adalah skenario terburuk pembatasan akses pintu masuk yang dilakukan Pemprov NTB.

Hal ini dipahaminya sebagai upaya pencegahan dampak virus corona setelah virus dinyatakan sebagai pandemi dunia.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X