Cegah Virus Corona, Kemenparekraf Terapkan Kerja dari Rumah bagi ASN

Kompas.com - 16/03/2020, 21:56 WIB
Ilustrasi seseorang melakukan kerja dari rumah atau work from home (WHF). SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOSIlustrasi seseorang melakukan kerja dari rumah atau work from home (WHF).

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf) dan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menerapkan kebijakan kerja dari rumah bagi sebagian aparat sipil negara (ASN) dalam upaya mencegah penyebaran virus corona ( Covid-19 ).

Baca juga: Tunda Promosi Luar Negeri, Kemenparekraf Utamakan Lindungi Kesehatan Masyarakat di Tengah Wabah Corona

Menteri Pariwisasata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menuturkan bahwa keputusan diambil sesuai dengan kebijakan nasional seiring dengan meningkatknya penyebaran virus corona di Indonesia.

Baca juga: Kunjungan Wisata Lesu, Ini Saran Kemenparekraf untuk Industri MICE

Keputusan juga sesuai dengan pernyataan resmi World Health Organization (WHO) yang menyatakan virus corona sebagai pandemi global.

Pemandangan Gunung Bromo dari Penanjakan 2, Probolinggo, Jawa Timur.Dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf Pemandangan Gunung Bromo dari Penanjakan 2, Probolinggo, Jawa Timur.

“Kebijakan ini diambil untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran virus corona di lingkungan instansi pemerintah pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya,” kata Wishnutama, mengutip siaran pers yang Kompas.com terima, Senin (16/3/2020).

Kendati kebijakan bekerja dari rumah bagi sebagian ASN diberlakukan, Wishnutama menuturkan hal tersebut tidak akan mengurangi bentuk pelayanan terhadap masyarakat. Terutama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Melalui kebijakan tersebut juga telah dirumuskan sistem kerja atau skema yang membuat fungsi pemerintahan terus berjalan.

“Pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing instansi pemerintah tetap berjalan untuk mencapai target kinerja masing-masing unit organisasi pada instansi pemerintah,” tutur Wishnutama.

Bali menjadi salah satu dari tiga destinasi wisata Indonesia yang menjadi tujuan favorit wisatawan asal Selandia BaruDok. Humas Kemenpar RI Bali menjadi salah satu dari tiga destinasi wisata Indonesia yang menjadi tujuan favorit wisatawan asal Selandia Baru

Wishnutama juga memastikan bahwa pihaknya akan terus memantau kondisi kesehatan pegawai dan keluarga pegawai, serta berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait untuk memantau perkembangan yang ada.

Sebelumnya, Wishnutama juga telah menghentikan sementara kegiatan promosi pariwisata dan ekonomi kreatif sembari terus memantau perkembangan yang terjadi.

“Dengan kesadaran dan upaya bersama, kita akan bisa melalui kondisi ini dengan baik. Semua bisa, dan harus mengambil peran masing-masing,” kata Wishnutama.

Ikuti peliputan dari hari ke hari tentang wabah ini dalam Liputan Khusus Wabah Virus Corona dan Indonesia Positif Terinfeksi Virus Corona di Kompas.com.

Baca juga: Panduan Lengkap Menghadapi Wabah Virus Corona

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X