Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2020, 20:31 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Magelang memiliki satu tempat wisata baru yang menawarkan spot selfie dan suasana seperti berada di Bali. Tempat wisata ini adalah Javanica Park.

Lokasinya berada di Jalan Javanica Nomor 8, Sabrangs, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Pengurus Javanica Park Azis mengatakan bahwa tempat wisata ini sebenarnya belum jadi seutuhnya. Namun, lantaran fotonya terlanjur viral, pengunjung mulai berdatangan.

Baca juga: 53 Tempat Wisata di Magelang Buka Kembali, Ini Daftarnya

"Sebenarnya ini belum jadi mas. Masih dalam proses, cuma pengunjung sudah mulai pada datang duluan," kata Azis saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (17/10/2020).

Ia memperkirakan, tempat ini viral karena para pemuda setempat yang sudah datang, mengunggah foto-foto Javanica Park ke media sosial, seperti Instagram.

Namun, ia tak memungkiri bahwa Javanica Park memang bertujuan sebagai tempat santai wisatawan bersama keluarga atau pasangan.

Konsep bangunan menyerupai tempat di Bali

Ketika berkunjung ke tempat ini, wisatawan pasti akan teringat dengan Bali. Benar saja, karena memang konsep bangunan di Javanica Park dibangun menyerupai rumah-rumah perdesaan di Bali.

Pengunjung bersantai di Javanica Park, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.Dokumentasi Javanica Park Pengunjung bersantai di Javanica Park, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.

Wisatawan akan serasa mendatangi sebuah vila di Bali, lengkap dengan kolam renang dan gazebo tradisional.

"Kalau dibilang Bali itu mungkin karena ada mirip-mirip konsep bangunan menyerupai tempat di Bali," ujar Azis.

Wisatawan bisa juga menikmati ragam fasilitas, seperti bermain air di kolam renang, minum di kedai Javanica, hingga duduk santai di gazebo.

Seorang anak berfoto menggunakan pakaian adat Jepang di Javanica Park, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.Dokumentasi Javanica Park Seorang anak berfoto menggunakan pakaian adat Jepang di Javanica Park, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.

Pengelola juga menyediakan tempat duduk di taman untuk bersantai hingga beberapa bangunan, seperti gubuk untuk beristirahat wisatawan.

Oleh karena itu, tempat ini cocok bagi kamu yang ingin merasakan santai akhir pekan dan menghilangkan penat sehari-hari.

Spot Instagramable di kolam renang

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Javanica Park. Salah satu yang populer adalah berfoto di spot Instagramable, yaitu kolam renang.

Bukan kolam renang biasa. Jika kamu berfoto di sini, kamu serasa bermain air di kolam renang pribadi karena pengunjung yang datang belum ramai.

Ada juga beberapa ornamen pendukung foto estetik, seperti pelampung berbentuk burung Flamingo. Dijamin, hasil fotomu akan makin indah terlebih dengan air jernih kolam renang yang memancarkan warna biru terang.

Pengunjung menikmati kolam renang di Javanica Park, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Dokumentasi Javanica Park Pengunjung menikmati kolam renang di Javanica Park, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.

"Kalau mau ciblon atau bermain air, itu bayar Rp 3.000 untuk bilas atau kebersihan," kata Azis.

Baca juga: Berwisata ke Silancur Highland Magelang, Ini Panduan Lengkapnya

Adapun, Javanica Park buka setiap Senin, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu pukul 08.00-22.00 WIB. Hari Selasa libur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com