Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Lokasi Baru "Pilot Project" Pengelolaan Sampah Wisata Bahari

Kompas.com - 20/01/2022, 19:41 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pemerintah akan menambah tiga lokasi yang dijadikan pilot project dalam Pendampingan Implementasi SOP Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata Bahari Tahun 2022.

Dua di antaranya adalah bagian dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), yakni Likupang dan Borobudur, sementara satu lokasi baru lainnya adalah Gorontalo.

"Tiga lokasi baru adalah DPSP Likupang, DPSP Borobudur, dan Gorontalo," kata Koordinator Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, M. Tidar Hetsyaputra dalam webinar, Kamis (20/01/2022), seperti dilansir Kompas.com dari Antara.

Baca juga: Indonesia Fokus Promosikan 5 Destinasi Super Prioritas di ATF 2022

Tiga lokasi itu menambah daftar lokasi pilot project pendampingan pengelolaan sampah plastik di destinasi wisata bahari pada 2021.

Lokasi wisata bahari yang sudah ada dalam daftar antara lain Pantai Lumban Bulbul di Danau Toba, Pantai Kuta di Pulau Bali, Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, Pantai Selong Belanak di Mandalika, dan Pantai Gorontalo di Labuan Bajo.

Pantai Kuta, Bali sebagai salah satu lokasi pilot project pengelolaan sampah di lokasi wisata bahari.KOMPAS.com/Ach. Fawaidi Pantai Kuta, Bali sebagai salah satu lokasi pilot project pengelolaan sampah di lokasi wisata bahari.

Tidar menambahkan, Indonesia punya potensi pariwisata yang luar biasa, seperti lewat keunggulan budaya dan alam.

Sayangnya, potensi pariwisata tersebut belum dibarengi dengan praktik sejumlah faktor, seperti faktor keberlanjutan lingkungan dan kebersihan, di destinasi wisata.

Tidar menganalogikan pariwisata Indonesia seperti sebuah restoran yang menyajikan makanan lezat dan digemari orang-orang, namun tak ditunjang faktor pendukung, seperti ke ersihan dan jalan menuju restoran yang sulit ditempuh.

Meningkatkan kesadaran soal penanganan sampah diharapkan menjadi modal budaya dan alam yang menambah daya tarik wisata Indonesia, termasuk wisata bahari.

Baca juga: 7 Tempat Makan dengan View Laut di Jakarta, Cocok untuk Lihat Sunset

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com