Kompas.com - 20/01/2022, 13:32 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menandatangani serah terima berita acara Creative Hub Puncak Waringin kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Manggarai Barat, Rabu (19/01/2022), di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebagai salah satu fasilitas yang dibangun dalam Program Penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Creative Hub Puncak Waringin dibangun dengan kolaborasi dari beberapa kementerian.

Kepala Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf (Deputi 3), Vinsensius Jemadu, mengatakan bahwa, sebagai fasilitas KSPN, Puncak Waringin secara fisik dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sementara itu, lanjutnya, pengisian interiornya diserahkan kepada Kemenparekraf. Kini Creative Hub tersebut diserahkan kepada Pemda Manggarai Barat.

"Labuan Bajo menjadi fokus pembangunan nasional oleh pemerintah pusat termasuk kementerian PUPR dan salah satunya adalah penataan Puncak Waringin. Kemenparekraf diminta menata interiornya, sehingga lebih memunculkan kreativitas, estetika, dan kearifan lokal masyarakat Manggarai," jelasnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (20/1/2022).

Baca juga:

Ia mengatakan, kehadiran Puncak Waringin diharapkan dapat membawa keadilan, baik di sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif.

Keberadaan Creative Hub ini juga diharapkan dapat membantu mengoptimalkan potensi pariwisata yang autentik, serta dapat memperkenalkan kekayaan alam dan budaya lokal.

Ia melanjutkan, pariwisata tidak lepas dari ekonomi kreatif, sehingga keduanya harus berjalan beriringan dan saling melengkapi.

Oleh karena itu, kehadiran Destinasi Super Prioritas di Labuan Bajo disertai juga oleh ekonomi kreatif sebagai pendorong perekonomian lokal.

"Puncak Waringin sebagai Creative Hub ini diharapkan dapat membawa keadilan, bukan saja untuk pariwisata tetapi juga ekonomi kreatif," lanjutnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.