Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Desa Wisata di Yogyakarta, Bisa Mampir Saat Libur Panjang

Kompas.com - 12/12/2022, 16:56 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Yogyakarta selalu punya sudut untuk dijelajahi. Jika mampir ke Kota Pelajar, kamu juga bisa mengeksplorasi desa wisata atau kampung wisata yang ada di sana, sambil menikmati suasananya.

Beberapa desa wisata terletak di atau tidak jauh dari pusat kota, sementara lainnya memerlukan perjalanan menggunakan kendaraan.

Baca juga: 5 Kampung Wisata di Yogyakarta Diusulkan Ikut ADWI 2023

Berikut ini Kompas.com menyusun sejumlah desa wisata di Yogyakarta yang bisa disinggahi saat sedang berlibur, termasuk libur panjang seperti akhir tahun.

Desa wisata di Yogyakarta untuk liburan

1. Desa wisata Ledok Sambi

Tempat wisata di Yogyakarta - Ledok Sambi.dok. Ledok Sambi Tempat wisata di Yogyakarta - Ledok Sambi.

Desa wisata Ledok Sambi berlokasi di daerah Kaliurang, Sleman. Letaknya sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Dikutip dari situs Indonesia Travel yang dikelola Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pengunjung yang datang bisa mempelajari beragam kegiatan edukasi dan budaya, seperti belajar karawitan jawa, bercocok tanam, dan beternak.

Baca juga: 7 Aktivitas Seru di Ledok Sambi Yogyakarta, Piknik di Pinggir Sungai

Ada pula aktivitas outbound, seperti flying fox, jembatan tali, dan lainnya, bagi kamu yang menyukai tantangan.

Sambil beraktivitas, kamu juga bisa menyaksikan indahnya panorama Gunung Merapi dari kejauhan, karena letaknya cukup dekat dengan desa ini.

2. Desa wisata Sosromenduran

Jika sedang mencari wisata dekat Stasiun Tugu Yogyakarta, kawasan Kampung Wisata Sosromenduran juga bisa menjadi pilihan.TRIBUN JOGJA/HAMIM THOHARI Jika sedang mencari wisata dekat Stasiun Tugu Yogyakarta, kawasan Kampung Wisata Sosromenduran juga bisa menjadi pilihan.

Desa atau kampung wisata yang kerap dijuluki "kampung turis" ini terletak di pusat kota, tepatnya di samping kawasan Malioboro dan dekat dengan Stasiun Tugu.

Bagi kamu yang mencari desa wisata untuk dijelajahi namun tidak ingin jauh dari kota, cobalah mampir ke desa pusat seni budaya, kerajinan, dan kuliner ini.

Kamu bisa bertemu dengan Pak Pong alias Slamet Hadiprayitno, seorang perajin barongsai berusia 73 tahun atau ngopi dan ngemil di angkringan Kopi Joss. Selain itu, kamu juga bisa naik becak untuk menyusuri kampung turis sambil menikmati pemandangan sekitar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com